Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Ayat Alkitab Tentang Kelemahlembutan - Populer

40 Ayat Alkitab Tentang Kelemahlembutan - Populer

Allah kita adalah pribadi yang lemah lembut dan hal ini sudah terbukti sepanjang sejarah kehidupan manusia. Ia tidak sesekali membalaskan akan dendamNya kepada kita – mestipun kita sering menyakiti dan memberontak terhadapnya. Inilah bukti kelemahlembutan-Nya, Ia dengan tangan terbuka menerima setiap orang yang datang kepadaNya.

Akar kata lemah lembut adalah “seseorang yang telah dijinakkan dan tidak melakukan kehendaknya sendiri” tetapi melakukan kehendak sang penakluk itu. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang telah selesai dengan dirinya sendiri karena hanya orang yang telah selesai dengan dirinyalah yang mampu untuk menumbuhkan dan menghidupi akan kelemahlembutan yang dimiliki oleh tuannya (Yesus Kristus).

Ini adalah penekanan ganda atas kelemahlembutan sebagai syarat bagi terjadinya bimbingan dan pengajaran. Kelemahlembutan adalah pilihan riil bagi kehendak Allah. Dimana kebiasaan pikiran suci ini ada, segenap diri menjadi begitu terbuka pada impresi, sampai-sampai tanpa tanda atau bukti lahir, ada pengakuan dan pilihan batin terhadap kehendak Allah. Allah membimbing, bukan dengan tanda yang kasat mata, melainkan berayun diantara pinilaian. Untuk menanti dihadapanNya, menimbang dalam kesucian setiap pertimbangan untuk menerima atau menolak jalan yang diberikan, dan dalam kesiapan untuk melihat di jalan mana bobot lebih besar berada, adalah kerangka pikir serta bingkai hati dimana seseorang telah siap untuk menerima bimbingan; dan Allah menyentuh skala itu serta menjadikan titik keseimbangannya berayun kemanapun ia kehendaki. Tapi tangan kita harus menjauh dari timbangan itu, jika tidak maka kita tidak bisa mengharapkan tanganNya berada di sana demi kebaikan kita. Tulisan dari A.T Pierson yang dikutip oleh Dallas Willard di dalam bukunya “Hearing God”.

Kita tidak secara otomatis dapat bersikap lemah lembut kepada setiap orang dalam periode waktu yang panjang, untuk itu kita perlu secara aktif menumbuhkan akan sikap ini hingga menjadi matang. Di dalam proses menumbuhkan akan sikap ini, kita perlu meluangkan banyak waktu untuk belajar akan apa kata firman Tuhan tentang kelemahlembutan yang sejati itu.

Kolose 3:12

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Yakobus 3:13

Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.

Imamat 19:17-18

Jangan dendam terhadap siapa pun. Bereskanlah perselisihanmu dengan siapa saja, supaya kamu tidak berdosa karena orang lain. Jangan membalas dendam dan jangan membenci orang lain, tetapi cintailah sesamamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri. Akulah TUHAN.

Amsal 15:1

Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Amsal 31:26

Dengan lemah lembut ia berbicara; kata-katanya bijaksana.

Ratapan 4:10

Perempuan-perempuan yang halus budi bahasanya tega untuk memasak dan memakan anak-anaknya sendiri demi mempertahankan hidup selama kehancuran bangsaku.

Zakharia 9:9

"Bersukacitalah, hai Putri Sion! Bersoraklah dengan girang, hai Putri Yerusalem! Karena lihatlah, Rajamu datang! Dialah Orang yang Benar, Dialah Pemenang! Namun Ia rendah hati dan mengendarai seekor anak keledai!

Matius 5:5   

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena seluruh dunia yang luas ini menjadi milik mereka.

Matius 11:29   

Kenakanlah kuk yang Kupasang, yang enak dipakainya, karena beban yang Kuberikan hanyalah beban yang ringan; dan biarkanlah Aku mengajar kalian, karena Aku lemah lembut dan rendah hati, maka kalian akan mendapat ketentraman jiwa. "

Matius 21:5  

"Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."

1 Korintus 4:21

Mana yang Saudara pilih: saya datang kepada Saudara dengan tegoran dan hukuman ataukah saya datang dengan hati yang penuh kasih dan lemah lembut?

Mazmur 18:35

Engkau telah memberi aku keselamatan-Mu sebagai perisaiku. Tangan kanan-Mu, ya TUHAN, menopang aku; kelemahlembutan-Mu telah membuat aku besar.

Mazmur 55:21

Mulutnya manis, tetapi hatinya penuh dengan permusuhan. Kata-katanya lemah lembut, tetapi di baliknya tersembunyi pedang yang terhunus.

Mazmur 103:8

Ia murah hati dan lemah lembut, tidak cepat marah, baik hati dan penuh kasih.

Mazmur 103:13

Ia bagaikan seorang bapa bagi kita, lemah lembut dan mengasihani orang-orang yang menghormati Dia.

Amsal 15:26

TUHAN membenci segala pikiran orang jahat, tetapi bersukacita atas perkataan yang lemah lembut.

Amsal 31:26

Apabila ia berbicara, kata-katanya bijaksana dan lemah lembut.

Yeremia 10:24

Karena itu, hajarlah hamba, ya TUHAN; tetapi bersikaplah lemah lembut. Janganlah melakukannya dalam murka-Mu, supaya hamba tidak binasa.

Hosea 2:13

"Aku akan membujuk dia lagi; Aku akan membawanya ke padang gurun dan berbicara kepadanya dengan lemah lembut.

2 Korintus 1:6

Kami mengalami banyak kesulitan karena menyampaikan kepada Saudara sekalian penghiburan dan keselamatan dari Allah. Tetapi pada waktu kami mendapat kesulitan, Allah menghibur kami. Hal ini menolong Saudara juga, karena pengalaman kami menyatakan bahwa Allah juga akan menghibur Saudara dengan lemah lembut, apabila Saudara mengalami penderitaan yang sama. Ia akan memberikan kekuatan untuk bertahan.

Efesus 4:2 

Hendaklah Saudara rendah hati dan lemah lembut. Bersabarlah seorang terhadap yang lain serta tenggang-menenggang dengan kasih.

Kolose 3:12

Karena Saudara telah dipilih Allah, yang memberi hidup baru itu, dan karena kasih dan perhatian-Nya yang mendalam pada Saudara, maka Saudara harus bersikap ramah, kasih, dan lemah lembut kepada orang lain. Jangan hanya ingin memberi kesan yang baik kepada mereka, tetapi bersedialah menanggung penderitaan dengan tenang dan sabar.

1 Tesalonika 2:7

Tetapi kami berlaku lemah lembut kepada Saudara seperti seorang ibu memberi makan dan memelihara anak-anak kandungnya.

Kolose 3:13

Hendaklah Saudara lemah lembut dan bersedia memaafkan; janganlah menaruh dendam. Ingatlah, Tuhan telah mengampuni Saudara, maka hendaklah Saudara mengampuni orang lain.

1 Timotius 3:3

Ia tidak boleh peminum atau suka bertengkar, tetapi ia harus lemah lembut dan baik hati dan bukan orang yang serakah akan uang.

1 Timotius 6:11

Timotius, engkau seorang hamba Allah. Jauhkan dirimu dari segala hal yang jahat ini dan bekerjalah untuk segala yang benar dan baik. Belajarlah mempercayai Allah serta mengasihi orang lain, dan bersikap sabar serta lemah lembut.

2 Timotius 2:25

Hendaklah engkau rendah hati, apabila engkau mengajar orang-orang yang kacau pengertiannya tentang kebenaran. Karena, bila engkau berbicara kepada mereka dengan lemah lembut dan sopan, mungkin sekali—dengan pertolongan Allah—mereka akan melepaskan pendirian mereka yang salah dan percaya akan kebenaran.

Titus 3:2

Janganlah mereka menceritakan keburukan orang lain atau bertengkar, melainkan hendaklah mereka bersikap lemah lembut dan sopan santun terhadap semua orang.

Yakobus 3:17

Tetapi hikmat yang berasal dari surga itu pertama-tama adalah murni dan lemah lembut, lagipula cinta damai dan sopan santun. Hikmat surgawi memberi kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan pendapat dan bersikap mau mengalah. Hikmat itu penuh dengan belas kasihan dan perbuatan baik serta tulus ikhlas, terus terang, dan jujur.

1 Petrus 3:15

Dengan tenang serahkanlah diri Saudara kepada Kristus, Tuhan Saudara. Apabila orang bertanya apa sebabnya Saudara memiliki kepercayaan seperti itu, siap sedialah untuk menjawab dengan lemah lembut serta sopan.

Yesaya 40:11

Seperti seorang gembala Ia memelihara kawanan-Nya; Ia sendiri mengumpulkan mereka. Anak-anak domba digendong-Nya, dengan lemah lembut Ia menuntun induk-induk-Nya.

Ibrani 5:2

Imam agung itu sendiri lemah dalam banyak hal, dan karena itu ia dapat berlaku lemah lembut terhadap orang-orang yang tidak tahu apa-apa dan yang sesat jalannya.

1 Petrus 3:4

Sebaliknya, hendaklah kecantikanmu timbul dari dalam batin, budi pekerti yang lemah lembut dan tenang; itulah kecantikan abadi yang sangat berharga menurut pandangan Allah.

1 Petrus 3:16

Tetapi lakukanlah itu dengan lemah lembut dan hormat. Dan hendaklah hati nuranimu murni, supaya kalau kalian difitnah karena kalian hidup dengan baik sebagai pengikut Kristus, maka orang yang memfitnah itu akan menjadi malu sendiri.

Kolose 4:5-6

Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Ibrani 13:1-2  

Peliharalah kasih persaudaraan! Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

Galatia 6:10

Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Galatia 5:22-23

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Filipi 4:5

Hendaklah semua orang dapat melihat sikapmu yang baik hati. Sebab tidak lama lagi Tuhan akan datang.

Amsal 16:24

Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

 

 

 

  

Posting Komentar untuk "40 Ayat Alkitab Tentang Kelemahlembutan - Populer"