Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

39 Ayat Alkitab Tentang Ketekunan - Populer

 

Ayat alkitab tentang ketekunan

Ketekunan merupakan salah satu karakter yang menjadi ciri khas kehidupan Kristen. Karakter ini bukanlah bentukan produk-produk instan tetapi dibentuk melalui serangkaian peristiwa-peristiwa yang sulit dan memilih untuk bertahan di dalam situasi itu sambil memandang pada Allah dan mengijinkan Dia bekerja di dalam diri dan situasi yang dihadapi.

Kita bisa belajar melalui kehidupan orang-orang biasa yang menyerahkan hidupnya kepada Allah dan menjadikan Dia sebagai pusat pengendali hidup mereka, kita bisa melihat kehidupan Ayub – bagaimana ia menghadapi masa-masa sulit – masa dimana ia bergumul dengan Allah – masa di mana kesalehan dirinya sedang diuji, hal ini tidaklah mudah karena kerap kali bisa berakibat pada tawar hati tapi Ayub memilih pilihan yang lain, ia memilih untuk tetap bertekun di dalam imannya kepada Allah di tengah situasi yang sedang ia hadapi.

Untuk itu ketekunan tidak muncul dengan sendirinya perlu dibentuk dan diasah setiap harinya di dalam kasih karunia Allah, karena hanya di dalam kasih karunia Allah-lah kita dapat dimampukan untuk bertekun menghadapi akan setiap persoalan kehidupan yang kita temui setiap harinya – dan kerap kali Allah memakai situasi untuk menghidupkan dan membangun karakter “bertekun” di dalam diri orang-orang pilihanNya.

Ketekunan juga memurnikan iman, mengasah ketajaman rohani, melatih sensifitas rohani dan pada akhirnya menolong kita untuk mampu berkata seperti yang diungkapkan oleh Ayub – (TB) Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. – (BIMK) Dahulu, pengetahuanku tentang Engkau hanya kudengar dari orang saja, tetapi sekarang kukenal Engkau dengan berhadapan muka (Ayub 42:5).

Ungkapan Ayub memberi kita pengertian baru bahwa di dalam Ketekunan sebenarnya kita sedang memandang pada kasih karunia Allah dengan begitu dekat, begitu jelas dan Allah mengijinkan kuasa dan diri-Nya untuk dialami oleh manusia.

Ketekunan tidak hanya memberi kekuatan untuk tahan terhadap setiap ujian yang dihadapi, namun lebih dari itu ketekunan memberi KEHIDUPAN, ketekunan Kristus memberi kita hidup - Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

Kiranya ayat-ayat di bawah ini memberi kita angin segar serta menopang dan mewarnai perjalanan rohani kita bersama Allah. Berikut ayat-ayat alkitab tentang ketekunan yang bisa teman-teman hafalkan atau renungkan di waktu-waktu solitude anda bersama Allah.

Lukas 8:15

Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Roma 5:3-4

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Roma 15:5

Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus. – (FAYH) Semoga Allah yang selalu memberi dorongan dan mengaruniakan kesabaran serta keteguhan, menolong Saudara untuk hidup seia sekata, masing-masing bersikap seperti Kristus terhadap yang lain.

Ayub 2:3

Firman TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia tetap tekun dalam kesalehannya, meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan."

Ayub 2:9

Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!" – (FAYH) Maka berkatalah istri Ayub kepadanya, "Masih jugakah engkau tetap saleh, padahal Allah telah menimpakan semua malapetaka ini ke atas dirimu? Kutukilah Allah, lalu matilah! "

Amsal 1:28

Pada waktu itu mereka akan berseru kepadaku, tetapi tidak akan kujawab, mereka akan bertekun mencari aku, tetapi tidak akan menemukan aku. – (FAYH) aku tidak akan menjawab jeritanmu meminta tolong. Pada waktu itu terlambatlah sudah, walaupun kamu bertekun mencari aku.

Amsal 8:17

Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.

Daniel 6:17

Sesudah itu raja memberi perintah, lalu diambillah Daniel dan dilemparkan ke dalam gua singa. Berbicaralah raja kepada Daniel: "Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan engkau!"

Daniel 6:21

Dan ketika ia sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara yang sayu. Berkatalah ia kepada Daniel: "Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kausembah dengan tekun, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa itu?"

Kisah Para Rasul 1:14

Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

Kisah Para Rasul 2:42

Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Kisah Para Rasul 12:5

Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah. – (BIMK) Jadi Petrus ditahan di penjara; tetapi anggota-anggota jemaat terus saja berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan untuk Petrus.

Kisah Para Rasul 14:22

Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.

Roma 2:7

Yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan.

Roma 5:4

Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. – (FAYH) Dan kesabaran menghasilkan suatu watak yang kuat dalam diri kita serta menolong kita supaya senantiasa lebih mempercayai Allah setiap kali kita bersabar, sampai akhirnya pengharapan dan iman kita menjadi kuat dan teguh.

Roma 8:25

Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun. – (FAYH) Tetapi, apabila kita harus tetap berharap kepada Allah untuk sesuatu yang belum terjadi, hal ini mengajar kita menunggu dengan sabar dan penuh keyakinan.

Roma 12:12

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Roma 4:20-21

Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Kolose 1:23

Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

Yosua 23:11

Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

Wahyu 14:12

Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.

Wahyu 3:10

Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

2 Petrus 1:6

Dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan.

Yakobus 5:11

Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan. 

Yakobus 1:3

Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

Ibrani 12:3

Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

Ibrani 12:1

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Ibrani 10:36

Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Amsal 11:19

Siapa tekun berbuat baik, akan hidup bahagia; siapa berkeras untuk berbuat jahat menuju maut.

Pengkhotbah 7:25

Namun aku tekun belajar dan mencari pengetahuan, supaya mendapat hikmat dan jawaban atas segala pertanyaan. Aku mencoba mengerti bahwa dosa itu kebodohan, dan kejahatan adalah kenekatan.

Kolose 4:2

Hendaklah kalian berdoa dengan tekun dan siap siaga, sambil mengucap syukur kepada Allah.

Kejadian 25:21

Ishak dengan tekun berdoa kepada TUHAN untuk istrinya yang mandul supaya dikaruniai anak. TUHAN mengabulkan doanya dan Ribka pun hamil.

Mazmur 5:3

Setiap pagi aku berdoa dengan tekun dan mengajukan permohonanku kepada-Mu.

Mazmur 119:145

Aku berdoa dengan tekun; jawablah aku, ya TUHAN, maka aku akan menaati hukum-hukum-Mu.

Ibrani 12:1-2

Nah, mengenai kita sendiri, di sekeliling kita ada banyak sekali saksi! Sebab itu, marilah kita membuang semua yang memberatkan kita dan dosa yang terus melekat pada kita. Dan marilah kita dengan tekun menempuh perlombaan yang ada di depan kita. Hendaklah pandangan kita tertuju kepada Yesus, sebab Dialah yang membangkitkan iman kita dan memeliharanya dari permulaan sampai akhir. Yesus tahan menderita di kayu salib! Ia tidak peduli bahwa mati di kayu salib itu adalah suatu hal yang memalukan. Ia hanya ingat akan kegembiraan yang akan dirasakan-Nya kemudian. Sekarang Ia duduk di sebelah kanan takhta Allah dan memerintah bersama dengan Dia.

Galatia 6:9

Sebab itu, janganlah kita menjadi bosan melakukan hal-hal yang baik; sebab kalau kita tidak berhenti melakukan hal-hal itu sekali kelak kita akan menuai hasilnya. – (TB) Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

2 Korintus 4:8

Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; -- (FAYH) Dari segala penjuru kami ditimpa oleh kesulitan, tetapi kami tidak hancur luluh. Kami bingung, karena kami tidak tahu mengapa hal-hal itu terjadi, tetapi kami tidak putus asa atau menyerah.

Matius 24:13

Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Matius 10:22

Kalian akan dibenci oleh semua orang karena kalian pengikut-Ku. Tetapi orang yang bertahan sampai akhir akan diselamatkan.

 

 

Posting Komentar untuk "39 Ayat Alkitab Tentang Ketekunan - Populer"