Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31 Ayat Alkitab Tentang Perpuluhan - Terpopuler

31 Ayat Alkitab Tentang Perpuluhan - Terpopuler

Tentang perpuluhan kita mestinya memiliki sikap dan pandangan yang benar tentang hal ini dan kitab suci menjadi alat pertimbangan utama serta satu-satunya sumber rujukan kita.

Berikut pandangan mengenai perpuluhan yang saya kutip dari tulisan Dag Heward-Mills,

Perpuluhan adalah milik Tuhan! Menahan perpuluhan adalah mencuri dari Tuhan. Imamat 27:30 adalah ayat firman yang paling penting karena ayat ini mengungkapkan bahwa perpuluhan sesungguhnya adalah milik Tuhan. Membawa perpuluhan ke dalam rumah perbendaharaan Tuhan tidak sama dengan memberi suatu pemberian dari apa yang kita miliki.

Adalah penting untuk memiliki pemahaman yang tepat mengenai perpuluhan. Ketika anda berpikir tentang sesuatu sebagai milik orang lain, kecil kemungkinan anda mau menahannya secara tidak sah.

Karena perpuluhan itu bukan milik anda, memberikannya kepada Tuhan tidak sama dengan “memberi”. Setelah anda mengembalikan perpuluhan dan tidak memiliki lagi apa yang menjadi milik Tuhan, maka pada saat itulah anda dapat mengatakan bahwa anda sedang memberi sesuatu kepada Tuhan. Ingatlah pernyataan ini, “memberi dimulai setelah anda mengembalikan perpuluhan anda kepada Tuhan”.

Teman-teman berikut ayat-ayat alkitab tentang perpuluhan yang bisa menjadi bahan devosional anda bersama Kristus dan kiranya memberi warna baru dalam semangat pertumbuhan rohani anda dan saya tentunya.

Kejadian 28:20-22  

Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Imamat 27:30-34

Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN. Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima. Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN. Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus." Itulah perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel.

2 Korintus 9:7

Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. (FAHY) -- Setiap orang harus mengambil keputusan sendiri mengenai jumlah yang akan diberikannya. Jangan dengan bersungut-sungut atau karena terpaksa, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Ulangan 14:22-25

"Kamu harus memberikan sepersepuluh dari segala hasil panenmu setiap tahun. Bawalah persepuluhan itu untuk dimakan di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk tempat kediaman-Nya, yaitu sepersepuluh dari gandummu, anggurmu, dan minyak zaitunmu; dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu. Maksud memberikan persepuluhan itu ialah untuk mengajar kamu supaya selalu mengutamakan Allah di dalam hidupmu. Jika tempat yang akan dipilih Allah untuk kediaman-Nya terlalu jauh sehingga sukar bagimu untuk membawa sepersepuluh dari hasil panenmu dan dari ternakmu ke tempat itu, maka kamu boleh menjual persepuluhanmu itu, lalu membawa uangnya ke tempat yang akan dipilih Allah untuk kediaman-Nya.

Ulangan 14:27-29  

"Janganlah kamu lupa membagi pendapatanmu dengan orang Lewi yang tinggal di kotamu karena mereka tidak mempunyai tanah pusaka dan hasil panen seperti kamu. "Setiap tiga tahun sekali kamu harus menggunakan seluruh persepuluhanmu untuk kesejahteraan sosial. Berikanlah persepuluhanmu kepada kaum Lewi, yang tidak mendapat tanah pusaka, kepada orang-orang asing, janda-janda, dan anak-anak yatim piatu di kotamu supaya mereka bisa makan dan dipuaskan, maka Yahweh, TUHAN Allahmu, akan memberkati kamu dan pekerjaanmu. "

1 Korintus 9:7

Mana ada tentara yang harus membiayai dirinya sendiri? Dan pernahkah Saudara mendengar petani yang menuai hasil ladangnya, tetapi tidak mempunyai hak untuk memakan sebagian dari hasilnya itu? Gembala mana memelihara kawanan domba dan kambing, tetapi tidak dibolehkan minum susu ternaknya?

1 Tawarikh 29:14  

Tetapi sesungguhnya, siapakah hamba dan siapakah bangsa hamba ini, sehingga kami mampu memberikan persembahan kepada TUHAN? Segala sesuatu yang kami miliki berasal dari Engkau, dan kami mempersembahkan kepada-Mu apa yang sesungguhnya adalah milik-Mu.

Lukas 6:38

Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."(FAHY) --Karena, jika kalian memberi, kalian akan menerima! Pemberian kalian akan dikembalikan dengan takaran yang penuh dan berlimpah-limpah, yang ditekan dan diguncang supaya masih dapat diisi lagi, sehingga melimpah-ruah. Takaran apa pun yang kalian pakai untuk memberi, besar atau kecil, akan dipakai untuk menakar yang dikembalikan kepada kalian. "

2 Korintus 9:10

Sebab Allah, yang memberikan benih kepada petani untuk ditanam, dan kemudian mengaruniakan panen yang baik untuk dituai dan dimakan, akan memberikan kepada Saudara lebih banyak benih untuk ditanam dan akan menumbuhkannya, sehingga Saudara akan dapat memberikan lebih banyak dari hasil panen Saudara. (TB) -- Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu.

Amsal 3:27-28

Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: "Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi," sedangkan yang diminta ada padamu.

Maleakhi 3:10

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. (FAYH) -- Bawalah segala persepuluhanmu ke dalam rumah perbendaharaan supaya ada cukup makanan dalam rumah-Ku. Jika kamu melakukannya, maka Aku akan membukakan tingkap-tingkap langit untukmu dan mencurahkan berkat yang demikian banyaknya sehingga kamu tidak mempunyai cukup tempat untuk menampungnya. "Ujilah Aku! Biarlah Aku membuktikannya kepadamu!

Bilangan 18:21  

Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan. (FAYH) -- Kepada suku Lewi, yaitu kaum kerabatmu, Aku memberikan persembahan persepuluhan seluruh tanah Israel sebagai imbalan bagi pelayanan mereka di Kemah Pertemuan.

Bilangan 18:28  

Sepersepuluh dari persembahan persepuluhan itu hendaknya merupakan bagian yang terbaik dari seluruh persepuluhan bangsa Israel yang kamu terima sebagai bagian TUHAN. Berikanlah bagian itu kepada Imam Harun.

Bilangan 18:26

"Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,

Ulangan 12:5-6

Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi. Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu.

Ulangan 14:28-29  

Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu; maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu." (BIMK) -- Pada akhir tiap tahun ketiga, kamu harus membawa sepersepuluh bagian dari hasil tanahmu dan mengumpulkannya di kota-kotamu. Makanan itu untuk orang Lewi karena mereka tidak mempunyai tanah, dan untuk orang asing, anak yatim piatu dan para janda yang hidup di kota-kotamu. Mereka boleh datang dan mengambil segala yang mereka perlukan. Kalau kamu berbuat demikian, maka TUHAN Allahmu akan memberkati segala usahamu."

2 Tawarikh 31:4-6

Ia memerintahkan rakyat, yakni penduduk Yerusalem, untuk memberikan sumbangan yang menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi, supaya mereka dapat mencurahkan tenaganya untuk melaksanakan Taurat TUHAN. Segera setelah perintah ini tersiar, orang Israel membawa dalam jumlah yang besar hasil pertama dari pada gandum, anggur, minyak, madu dan segala macam hasil bumi. Mereka membawa juga persembahan persepuluhan dari segala sesuatu dalam jumlah yang besar. Orang Israel dan orang Yehuda yang tinggal di kota-kota Yehuda juga membawa persembahan persepuluhan yang terdiri dari lembu sapi dan kambing domba, dan persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus yang telah dikuduskan bagi TUHAN Allah mereka. Semuanya itu diletakkan mereka bertimbun-timbun.

Nehemia 10:35-36

Lagipula setiap tahun kami akan membawa ke rumah TUHAN hasil yang pertama dari tanah kami dan buah sulung segala pohon. Pun kami akan membawa ke rumah Allah kami, yakni kepada para imam yang menyelenggarakan kebaktian di rumah Allah kami, anak-anak sulung kami dan anak-anak sulung ternak kami seperti tertulis dalam kitab Taurat, juga anak-anak sulung lembu kami dan kambing domba kami. (FAYH) -- kami setuju untuk selalu membawa ke Bait Allah hasil pertama tanah kami—baik berupa hasil ladang maupun hasil kebun. Kami juga akan memberikan kepada Allah putra sulung kami dan binatang sulung di antara ternak kami, sapi dan kambing domba kami, menurut peraturan dalam Kitab Taurat. Kami menyerahkannya kepada para imam yang melayani di Bait Allah.

Amsal 3:9

Hormatilah TUHAN dengan memberikan kepada-Nya hasil yang pertama dari segala usahamu, maka Ia akan mengisi lumbung-lumbungmu dengan gandum dan tempat air anggurmu dengan air anggur yang terbaik sampai berlimpah-limpah.

Amsal 3:9-10  

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Amos 4:4-5  

"Datanglah ke Betel dan lakukanlah perbuatan jahat, ke Gilgal dan perhebatlah perbuatan jahat! Bawalah korban sembelihanmu pada waktu pagi, dan persembahan persepuluhanmu pada hari yang ketiga! Bakarlah korban syukur dari roti yang beragi dan maklumkanlah persembahan-persembahan sukarela; siarkanlah itu! Sebab bukankah yang demikian kamu sukai, hai orang Israel?" demikianlah firman Tuhan ALLAH.

 

 

 

 


Posting Komentar untuk "31 Ayat Alkitab Tentang Perpuluhan - Terpopuler"