Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

41 Ayat Alkitab Tentang Sukacita - Terpopuler

 

41 Ayat Alkitab Tentang Sukacita - Terpopuler

Dimanakah aku harus mencari dan mendapatkan sukacita itu? – alkitab memberitahu kita bahwa – kekuatan dan sukacita ada di tempat-Nya. Sukacita itu ada di dalam Allah. Allah-lah pemilik sukacita yang sejati itu.

Sukacita adalah buah Roh Kudus. Kita tidak dapat menghasilkan sukacita – sukacita kita dianugerahkan oleh Kristus di dalam batin kita. Sukacita itu ilahi. Sukacita juga merupakan satu realita yang Kristus inginkan agar dialami oleh setiap orang yang percaya kepadaNya.

Sukacita kita tidak dipengaruhi oleh tempat, kondisi dan waktu – sukacita Kristen melampaui akan hal-hal itu. Tempat. Kondisi dan Waktu boleh berubah dan kerap kali mengecewakan, tetapi sukacita Kristen akan terus bertumbuh bahkan semakin mekar – sukacita yang dianugerahkan oleh Roh kepada kita.

Sukacita Kristen berakar dari kebenaran firman Tuhan – kehidupan bersukacita Kristen akan terus meluap-luap ketika seorang Kristen terus mengembangkan hubungan pengenalan dia akan Kristus setiap harinya di dalam doa dan firman.

Kita tidak memungkiri bahwa ada lawan dari sukacita yaitu dukacita – kedua hal ini akan kita temui di dalam bingkai kehidupan kita, namun kita dapat memilih, tetap bersukacita atau berdukacita. Kerap kali Tuhan memakai situasi yang tidak mengenakan “dukacita” untuk menggali suatu kapasitas lebih dalam di dalam keberadaan kita untuk menerima sukacita yang Kudus dari Tuhan.

Alkitab di tulis oleh orang-orang biasa yang terus belajar untuk mengembangkan kehidupan bersukacita yang kudus dan sejati di dalam Allah. Karena mereka terus mengembangkan akan kehidupan yang bersukacita di dalam Allah, maka sukacita yang sama pula yang Allah ingin bagikan kepada setiap kita melalui kehidupan mereka.

Berikut ayat-ayat alkitab tentang bersukacita yang saya kutip dari Terjemahan Baru (TB), Firman Allah Yang Hidup (FAHY) dan Bahasa Indonesia Masa Kini (BIMK). Teman-teman bisa menggunakan ayat-ayat di bawah ini di waktu pribadi anda bersama Allah atau mengambil beberapa bagian dan menghafalkan guna terus memupuk kehidupan yang bersukacita di dalam Allah.

Sukacita Kristen merupakan satu perjalanan seumur hidup di dalam Allah dan sukacita itu perlu dikembangkan dibawah pimpinan Roh Kudus – sukacita Kristen merupakan sukacita yang aktif dan “diusahakan” di dalam Roh Kudus.

2 Korintus 13:11  

Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Roma 15:13

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.(FAYH) Jadi, saya berdoa bagi Saudara yang bukan-Yahudi supaya Allah yang memberi pengharapan kepada Saudara akan menjadikan Saudara bersukacita dan penuh kedamaian sebagaimana Saudara percaya kepada-Nya. Saya berdoa agar Allah menolong, supaya Saudara dilimpahi pengharapan dalam Dia oleh kuasa Roh Kudus yang di dalam Saudara
.

Filipi 4:4 

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!(BIMK) Semoga kalian selalu bergembira karena kalian sudah hidup bersatu dengan Tuhan. Sekali lagi saya berkata: bergembiralah!

Yohanes 16:24

Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.(FAYH) Kalian belum pernah mencobanya, tetapi mulailah sekarang. Mintalah atas nama-Ku, maka kalian akan menerima, sehingga cawan kesukaan kalian akan melimpah-limpah.

Galatia 5:22-23 

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.(BIMK) Sebaliknya, kalau orang-orang dipimpin oleh Roh Allah, hasilnya ialah: Mereka saling mengasihi, mereka gembira, mereka mempunyai ketenangan hati, mereka sabar dan berbudi, mereka baik terhadap orang lain, mereka setia, mereka rendah hati, dan selalu sanggup menguasai diri. Tidak ada hukum agama yang melarang hal-hal seperti itu.

Nehemia 8:10

Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"(BIMK) Sekarang pulanglah; makanlah dan minumlah dengan gembira. Berilah sebagian dari makanan dan anggurmu kepada mereka yang berkekurangan. Hari ini hari yang khusus bagi Tuhan kita, jadi jangan bersusah. Kegembiraan yang diberikan TUHAN kepada kalian akan menguatkan kalian."

Mazmur 30:5

Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.(FAYH) Murka-Nya tidak lama, sedangkan kemurahan hati-Nya untuk seumur hidup! Ratap tangis mungkin berlangsung semalam-malaman, tetapi pada pagi hari ada sukacita.

Lukas 2:10-11

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.(BIMK) Tetapi malaikat itu berkata, "Jangan takut! Sebab saya datang membawa kabar baik untuk kalian -- kabar yang sangat menggembirakan semua orang. Hari ini di kota Daud telah lahir Raja Penyelamatmu yaitu Kristus, Tuhan.

Yohanes 15:10-11

Kalau kalian menjalankan perintah-perintah-Ku, kalian tetap setia kepada kasih-Ku, sama seperti Aku tetap setia kepada kasih Bapa karena menjalankan perintah-perintah-Nya. Semuanya ini Kuberitahukan kepadamu, supaya kegembiraan-Ku ada dalam hatimu, dan kegembiraanmu menjadi sempurna.(TB) Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

1 Tesalonika 5:16-18 

Hendaklah Saudara selalu bersukacita.Hendaklah Saudara selalu berdoa. Apa pun yang terjadi hendaklah Saudara bersyukur, karena itulah kehendak Allah bagi Saudara sebagai milik Kristus Yesus.(TB) Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Roma 14:17  

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.(FAYH) Sebab bagaimanapun juga, yang penting bagi kita orang Kristen bukanlah soal makanan atau minuman, melainkan soal membangkitkan kebaikan, perdamaian, dan sukacita yang datangnya dari Roh Kudus.

Roma 12:12

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!(BIMK) Hendaklah Saudara berharap kepada Tuhan dengan gembira, sabarlah di dalam kesusahan, dan tekunlah berdoa.

1 Tawarikh 16:26-27

Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah berhala, tetapi TUHANlah yang menjadikan langit. Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan sukacita ada di tempat-Nya.(FAYH) Sesungguhnya segala allah bangsa-bangsa lain adalah berhala; hanya Tuhanlah yang menciptakan langit. Kemuliaan dan kehormatan ada di hadapan-Nya, Kekuatan dan sukacita menyertai-Nya.

Filipi 1:25

Ya, saya masih dibutuhkan di sini dan karena itu saya yakin, bahwa saya masih akan tinggal di dunia ini untuk menolong Saudara agar tumbuh serta bersukacita di dalam iman.(BIMK) Saya yakin akan hal itu. Itu sebabnya saya tahu saya akan tetap tinggal dengan Saudara semuanya, supaya dapat menolong kalian menjadi makin kuat dan makin senang dalam percaya kepada Tuhan.

Lukas 15:7

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."(FAYH) "Demikian jugalah seisi surga akan lebih bergembira karena satu orang berdosa yang kembali kepada Tuhan daripada karena sembilan puluh sembilan orang yang tidak pernah meninggalkan jalan yang benar!

Yohanes 16:22  

Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.(BIMK) Begitu juga dengan kalian: Sekarang kalian bersusah hati, tetapi Aku akan bertemu lagi dengan kalian, maka hatimu akan bergembira; dan tidak seorang pun dapat mengambil kegembiraan itu dari hatimu.

Ibrani 12:2  

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.(FAYH) Arahkanlah pandangan Saudara kepada Yesus, Pemimpin dan Pelatih kita. Ia telah rela mengalami kematian yang hina di kayu salib, karena Ia tahu bahwa kelak akan ada sukacita bagi-Nya; dan sekarang Ia duduk di tempat kemuliaan di sebelah kanan takhta Allah.

1 Yohanes 1:4  

Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.(FAYH) Apabila Saudara melakukan apa yang saya katakan dalam surat ini, Saudara juga akan dipenuhi dengan sukacita, dan demikian juga kami.

Yohanes 7:37-38  

Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."(FAYH) Pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berseru kepada orang banyak, "Jika ada yang haus, datanglah kepada-Ku dan minum. Karena Kitab Suci mengatakan bahwa sungai-sungai air hidup akan mengalir dari dalam diri siapa saja yang percaya kepada-Ku.

Mazmur 4:7

Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur.(FAYH) Ya, kegembiraan yang telah Kauberikan kepadaku jauh lebih besar daripada kesukaan mereka pada waktu memandang hasil panen yang berkelimpahan.

3 Yohanes 1:4

Tidak ada yang lebih menyukakan hatiku daripada mendengar berita semacam itu tentang anak-anakku.(TB) Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Yohanes 10:10

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.(BIMK) Pencuri datang hanya untuk mencuri, untuk membunuh dan untuk merusak. Tetapi Aku datang supaya manusia mendapat hidup -- hidup berlimpah-limpah.

Mazmur 47:1  

Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai!(FAYH)  MARILAH, hai semua orang, mari kita bertepuk tangan karena kegirangan. Mari kita bersorak-sorai memuji TUHAN!

Roma 12:15  

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

Mazmur 31:7

Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku,(FAYH) Aku dipenuhi sukacita karena kemurahan hati-Mu. Engkau telah mendengarkan segala kesulitanku dan telah melihat krisis dalam jiwaku.

Mazmur 37:4  

Dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.(FAYH) Bersukacitalah karena TUHAN, maka Ia akan memenuhi segala keinginan hatimu!

2 Yohanes 1:12  

Masih banyak yang ingin kukatakan, tetapi tidak akan kutuliskan dalam surat ini, sebab aku berharap akan mengunjungi kalian dalam waktu dekat ini, dan bersama-sama kita akan membicarakan hal-hal ini dengan sukacita.(TB) Sungguhpun banyak yang harus kutulis kepadamu, aku tidak mau melakukannya dengan kertas dan tinta, tetapi aku berharap datang sendiri kepadamu dan berbicara berhadapan muka dengan kamu, supaya sempurnalah sukacita kita.

1 Raja-raja 8:66  

Pada hari yang kedelapan disuruhnya bangsa itu pergi, maka mereka memohon berkat untuk raja, lalu pulang ke kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas segala kebaikan yang telah dilakukan TUHAN kepada Daud, hamba-Nya, dan kepada orang Israel, umat-Nya.(FAYH) Setelah itu Salomo menyuruh umat Israel pulang ke tempat mereka masing-masing dalam suasana sukacita, karena segala kebaikan yang telah dinyatakan TUHAN kepada Daud, hamba-Nya, dan kepada bangsa Israel, umat-Nya. Dan mereka bersyukur atas Raja Salomo.

Zefanya 3:17  

Karena TUHAN Allahmu telah tiba untuk diam di antara kamu. Dialah Juruselamat yang perkasa. Ia akan memberi kamu kemenangan. Ia akan bersukacita atas kamu dengan riang gembira. Ia akan mengasihi kamu dan tidak akan mendakwa kamu. " Apakah yang aku dengar itu paduan suara yang meriah? Bukan, melainkan TUHAN sendiri yang sedang beriang gembira karena kamu dengan sebuah lagu yang membahagiakan, begini: "Aku telah mengumpulkan orang-orangmu yang luka dan menghilangkan celamu.

Yesaya 61:10  

Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Roma 15:32  

Agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.(FAYH) Kemudian, dengan kehendak Allah, saya akan datang kepada Saudara dengan hati yang bersukacita, dan kita dapat saling menyegarkan.

Pengkhotbah 9:7

Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.FAYH) Jadi, makanlah, minumlah, dan bersenang-senanglah, karena bagi Allah sama saja. Ia sudah memperkenankannya.

Pengkhotbah 7:14  

Nikmatilah kemakmuran kapan saja engkau diberi kesempatan untuk menikmatinya, dan apabila datang kesulitan, ketahuilah bahwa kesulitan maupun kemakmuran sama-sama berasal dari Allah supaya semua orang sadar bahwa tidak ada orang yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dalam hidupnya.(TB) Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang ini pun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan sesuatu mengenai masa depannya.

Pengkhotbah 3:12-13

Aku tahu bahwa untuk mereka tak ada yang lebih baik dari pada bersuka-suka dan menikmati kesenangan dalam hidup mereka. Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.


Posting Komentar untuk "41 Ayat Alkitab Tentang Sukacita - Terpopuler"