Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

59 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan - Tervaforit

 

59 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan - Tervaforit

Mengampuni merupakan salah satu tindakan terbesar yang dilakukan oleh Allah yang kudus kepada manusia yang hina dan tidak layak. Ketika dosa masuk ke dalam dunia dan mencemari kehidupan manusia yang adalah ciptaan Allah – segalanya berubah, manusia perlu belajar asas-asas pokok, hal-hal dasar yang kudus dan yang ditunjukkan oleh Allah sendiri melalui Putra TunggalNYA di salib – mati untuk pengampunan dosa kita.

Kita telah menerima Dia untuk itu kehidupan kitapun sudah ditaklukkan dan akan  terus ditransformasi dari hari ke sehari untuk semakin menyerupai Dia. Diri kita bukanlah milik kita lagi tetapi milik Allah di dalam Kristus. Ia telah membeli kita dengan darahNya sendiri. Ia telah memilih untuk mengampuni semua pelanggaran-pelanggaran dan penghiatan-penghiatan yang kita lakukan terhadap diriNya.

Ia mengampuni kita tanpa syarat. Ia mengampuni kita tanpa mengingat-ingat lagi setiap pelanggaran kita. Ia mengampuni dan tidak lagi mengungkit-ungkit kesalahan kita di masa lalu. Ini merupakan tindakan dari Allah yang Maha Kudus – sifat dan sikap sejati dari Allah yang Maha Kudus.

Alkitab memberi kesaksian tentang hal dan hal ini tidak ditutup-tutupi tetapi disingkapkan kepada kita karena Ia rindu di dalam kehidupan persekutuan kita denganNya, dengan lingkungan dan dunia, setiap orang percaya dapat menghidupi akan sikap ini sebagaimana yang telah Ia tunjukkan kepada kita di salib.

Kita hidup berdampingan dengan berbagai macam orang, potensi untuk saling menyakiti sangatlah besar, tetapi satu hal yang Allah inginkan adalah masing-masing kita menghidupi dan terus-menerus menumbuhkan akan sikap “MENGAMPUNI”. Sifat dan sikap ini tidak muncul dengan sendirilah, kita sendirilah yang perlu untuk mengusahakannya untuk terus bertumbuh di dalam hati dan perjalanan Kekriststenan kita – namun, kita tidak sendirian Ia telah mengutus Roh KudusNya untuk menolong kita.

Mengampuni merupakan asas pokok atau hal dasar yang perlu dikembangkan oleh seorang Kristen setiap harinya. Seorang Kristen yang bijak akan memilih untuk melatih dirinya mengembangkan hal-hal dasar dan pokok bagi pertumbuhan imannya setiap hari ketimbang menyebukkan diri dengan urusan-urusan yang duniawi dan tidak membangun.

Berikut ayat-ayat alkitab tentang pengampunan untuk anda. Ayat-ayat di bawah ini saya kutip dari beberapa terjemahan ya teman-teman – TB, BIMK dan FAHY. Teman-teman juga bisa memilih untuk menghafal beberapa ayat pendek untuk direnungkan dimana saja, selain itu teman-teman juga bisa memasukkan beberapa ayat ke dalam waktu-waktu solitude bersama Allah dan doa pribadi. Kiranya ayat-ayat di bawah ini memberi warna dalam perjalanan dan pertumbuhan iman Kristen kita.

Matius 6:14-15 

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Efesus 4:31-32

Hilangkanlah segala perasaan sakit hati, dendam dan marah. Jangan lagi berteriak-teriak dan memaki-maki. Jangan lagi ada perasaan benci atau perasaan lain semacam itu. Sebaliknya, hendaklah kalian baik hati dan berbelaskasihan seorang terhadap yang lain, dan saling mengampuni sama seperti Allah pun mengampuni kalian melalui Kristus.

Markus 11:25 

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."

Lukas 17:3-4 

Sebab itu, waspadalah! Kalau saudaramu berdosa, tegurlah dia. Kalau ia menyesal, ampunilah dia. Kalau ia berdosa kepadamu tujuh kali sehari dan setiap kali datang kepadamu dan berkata, 'Saya minta maaf,' ampunilah dia."

Kolose 3:13 

Kalian harus sabar satu sama lain, dan saling mengampuni kalau ada yang menaruh dendam terhadap yang lain. Tuhan dengan senang hati mengampuni kalian, jadi kalian pun harus mau mengampuni satu sama lain.(TB) Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Matius 18:21-22 

Kemudian Petrus datang kepada Yesus dan bertanya, "Tuhan, kalau saudara saya berdosa terhadap saya, sampai berapa kali saya harus mengampuni dia? Sampai tujuh kalikah?" Yesus menjawab, "Tidak, bukan sampai tujuh kali, tetapi tujuh puluh kali tujuh kali!

Matius 6:14

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

Matius 6:14 

Bapa yang di surga akan mengampuni kalian, jika kalian mengampuni mereka yang bersalah kepada kalian. Tetapi, jika kalian tidak mau mengampuni mereka, Ia tidak akan mengampuni kalian.

Lukas 6:37 

"Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.(FAYH) Jangan mencela atau mengutuk, karena semua itu dapat berbalik kepada kalian. Ampunilah orang lain, maka mereka pun akan mengampuni kalian.

Matius 6:12

Dan ampunkanlah dosa kami, seperti kami sudah mengampuni mereka yang bersalah kepada kami. (TB) dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

Yesaya 55:7 

Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

Yesaya 1:18

Marilah, baiklah kita beperkara! — firman TUHAN — Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

1 Yohanes 1:9

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.(FAYH)  Tetapi, bila kita mengakui dosa kita kepada-Nya, Ia pasti mengampuni dan menyucikan kita dari dosa-dosa itu. Allah patut melakukan hal itu untuk kita, karena Kristus telah mati untuk menyucikan kita dari dosa.

Efesus 1:7 

Sebab, oleh kematian Kristus, kita dibebaskan oleh Allah, berarti Ia sudah mengampuni kita dari dosa-dosa kita.(TB) Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Daniel 9:9

Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia,

Mazmur 103:12 

Sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Matius 26:28 

Karena inilah darah-Ku, meterai Perjanjian Baru, yang dicurahkan untuk mengampunkan dosa orang banyak. (TB) Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

2 Tawarikh 7:14 

Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Kisah Para Rasul 10:43

Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

1 Yohanes 2:2 

Dialah yang menanggung hukuman Allah karena dosa kita, dan membawa kita kepada persekutuan dengan Allah. Dia sendirilah Pengampunan bagi dosa kita, dan bukan hanya dosa kita, melainkan juga dosa seluruh dunia.

Yesaya 43:25

Namun Aku Allah yang menghapus dosamu, Aku mengampuni engkau karena begitulah sifat-Ku; Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

1 Yohanes 2:12 

Hal-hal ini kutuliskan kepada kalian, hai anak-anak, karena dosa kalian telah diampunkan dalam nama Yesus, Juruselamat kita.(TB) Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.

Mazmur 32:1

Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!

Ibrani 10:17-18

Dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka." Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa. (FAYH) Kemudian Ia menambahkan, "Aku akan melupakan segala dosa dan pelanggaran mereka. "Apabila dosa sudah diampunkan serta dilupakan untuk selama-lamanya, tidak perlu lagi dipersembahkan kurban untuk menghapuskan dosa itu.

Mazmur 130:3-4 

Jika Engkau, ya TUHAN, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.

Mazmur 37:8 

Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.

Yakobus 2:13 

Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Kisah Para Rasul 7:59-60

Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku." Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!" Dan dengan perkataan itu meninggallah ia.

Amsal 19:11 

Orang bijaksana menahan amarahnya dan mengabaikan penghinaan. Ini adalah keuntungan baginya.(TB) Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

Roma 12:14 

Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! (FAYH)  Apabila ada orang yang mencelakakan Saudara karena Saudara orang Kristen, janganlah mengutuknya; berdoa dan mohonlah supaya Allah memberkati dia.

Amsal 16:32 

Orang yang lambat marah lebih baik daripada orang yang perkasa; menguasai diri lebih baik daripada menguasai bala tentara.

Kisah Para Rasul 10:43 

Semua nabi telah menulis tentang Dia serta mengatakan bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya akan memperoleh pengampunan dosa melalui nama-Nya. "(TB Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

Yakobus 5:15 

Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

Roma 12:20

Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.(FAYH)  Sebaliknya, apabila musuh Saudara lapar, berilah dia makan; apabila ia haus, berilah dia minum. Dengan demikian Saudara akan "menumpukkan bara api di atas kepalanya". Artinya, ia akan merasa malu sendiri atas apa yang telah dilakukannya terhadap Saudara.

Roma 12:19 

Sahabat-Sahabat yang saya kasihi, janganlah menuntut balas. Serahkan saja kepada Allah, sebab Ia telah berkata, bahwa Ia akan membalas siapa yang patut dibalas. Janganlah main hakim sendiri.

Matius 5:44

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Kisah Para Rasul 2:38

Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Yeremia 3:12 

Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya.

Nehemia 9:31 

Tetapi karena kasih-Mu besar luar biasa, tidak Kautinggalkan atau Kauhancurkan mereka. Memang, Engkaulah Allah yang tiada bandingan; besar kasih sayang-Mu, penuh belas kasihan!

Mikha 7:18 

Tak ada Allah seperti Engkau, ya TUHAN, yang mengampuni dosa umat pilihan-Mu yang tersisa. Tidak untuk selamanya Engkau marah; sebaliknya, Engkau senang menunjukkan cinta-Mu yang tak terbatas itu.

Mikha 7:18 

Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?

Mazmur 86:5

Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

Mazmur 32:5

Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela

Matius 12:31-32

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.

Kisah Para Rasul 13:38-39

Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.

Ibrani 8:12 

Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka."

2 Tawarikh 7:14 

Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Ibrani 8:12  

Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka."

Kolose 2:13-14

Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:


Posting Komentar untuk "59 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan - Tervaforit"