Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Inspiratif Kristen Singkat - 7 Rahasia Pelayanan D. L. Moody

 

Cerita Inspiratif Kristen Singkat  - 7 Rahasia Pelayanan D. L. Moody

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kis 1:8)

Dalam pemeliharaan Allah yang kekal dan berdaulat. Dia telah memilih untuk memakai orang-orang biasa, yang diberi kuasa oleh Roh Kudus yang luar biasa sebagai sarana utama yang melaluinya Dia menyebarkan kebenaran firman-Nya. Dwight L. Moody adalah orang yang penuh dengan kuasa dan mempertahankan kebenaran yang besar.

Roh Kudus Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik. Orang ini, yang sangat sederhana, sangat tulus, tidak mementingkan diri sendiri, sangat setia dalam imannya kepada Yesus Kristus dan mempunyai satu karunia istimewah, yaitu menyajikan Kabar Baik yang mulia itu dengan cara yang dapat dimengerti oleh semua orang.

Kehidupan dan pelayanan Moody terus mengundang orang berdosa untuk datang kepada Kristus dan menjadikan Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidup mereka. Ia melihat setiap orang, betapapun jauhnya dari Allah, sebagai calon anak Raja dan sebagai satu kesempatan dari kekekalan.

Inilah kekuatan yang mendorong Moody untuk menjadi salah seorang penginjil terbesar di dunia. “Saya tidak percaya ada berita yang lebih baik untuk telinga manusia yang fana, selain daripada berita Injil.” Walaupun ia orang sederhana dan mempunyai Pendidikan formal yang rendah, kerinduannya akan keselamatan orang-orang yang terhilang bagaikan nyala api yang terang seperti kasihnya yang tulus kepada Allah dan sesamanya.

Yang paling menyenangkan dalam hidup ini adalah memenangkan jiwa bagi Kristus. Itu cukup!

Dalam buku “Secret Power”, Moody mengungkapkan kuasa di balik “nyala api” ini, kuasa ilahi ini, yakni pekerjaan Roh Kudus di hati manusia. Ia percaya bahwa kuasa ini diterima dari Allah ketika kita sepenuhnya mengosongkan diri dan siap melayani kehendak Allah.

Ia melihatnya tampak sebagai keseimbangan antara semangat dan pengetahuan. Ia juga melihat bahwa jika orang Kristen terlalu serong terseret ke satu hal ekstrem atau hal ekstrem lainnya, akan menimbulkan perpecahan, serta hidup serta pelayanan mereka tidak berbuah bagi Injil.

Kadang-kadang hal itu bahkan membuat nama Kristus dicemooh orang. Kita dapat melihat hal ini di dalam setiap pelayanan-pelayanannya. Saya tidak bersimpati kepada orang-orang yang mencoba membatasi keselamatan dari Allah hanya untuk beberapa orang tertentu.

Saya percaya Kristus telah mati untuk semua orang yang akan datang. Saya telah menerima banyak surat yang telah menyalahkan saya dan mengatakan bahwa saya pasti tidak percaya kepada doktrin pemilihan (predestinasi). Saya percaya bahwa Allah telah menentukan dari semula orang-orang yang akan diselamatkan.

Namun, saya tidak perlu mengkhotbah doktrin itu kepada seluruh dunia. Dunia tidak memerlukan berita tentang pemilihan itu; yang diperlukan dunia adalah undangan “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! (TB), Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku untuk minum (BIMK) Yoh 7:37.

Itulah berita untuk orang berdosa. Saya diutus untuk memberitakan Injil (Kabar Baik, Kabar Sukacita) kepada semua orang.

R. A. Torrey yang adalah sahabat dan rekannya sesama Pengkhotbah, menulis tujuh hal atau rahasia dalam kehidupan D.L Moody yang mana memampukan dia dipakai secara luar biasa oleh Allah;

Ia Sungguh-Sungguh Berserah

Bila anda dan saya ingin dipakai dalam bidang kita seperti D.L Moody dalam bidangnya, maka kita harus menyerahkan seluruh diri kita dan semua yang kita miliki ke tangan Allah, supaya dipakai sesuai dengan kehendak-Nya. Dan kita harus melakukan bagian kita, yaitu melakukan dan menghidupi akan perintah-perintah-Nya.

Ia Senang Berdoa

Kami sering berkumpul sampai pukul tiga atau empat pagi, berseru kepada Allah, hanya karena Moody mendesak kami untuk menunggu Allah sampai kami menerima berkat-Nya. Oh, berapa banyak orang yang hidup dan karakternya telah diubahkan dan telah melakukan hal-hal besar di berbagai tempat karena malam-malam do aitu.

Ia Mempelajari Alkitab Secara Mendalam Sekaligus Praktis

Oh, anda boleh berbicara tentang kuasa. Namun, bila anda mengabaikan satu buku yang telah diberikan Allah kepada anda sebagai sarana yang melaluinya Dia menanamkan kuasa-Nya, anda tidak akan mempunyai kuasa itu. Sembilan puluh Sembilan dari seratus orang Kristen tidak sungguh-sungguh mempelajari alkitab.

Oleh karena itu, mereka lemah padahal mereka seharusnya menjadi raksasa rohani, baik dalam kehidupan Kristen maupun aktifitas (pelayanan) mereka bagi Allah.

Ia Rendah Hati

D.L Moody adalah orang yang paling rendah hati yang pernah saya kenal. Di hatinya ia terus merendahkan dirinya dan meninggikan orang lain. Ia benar-benar percaya bahwa Allah akan memakai orang-orang lain dengan cara yang lebih besar daripada dirinya.

Ia Benar-Benar Tidak Cinta Uang

 Ini hal yang membuat banyak penginjil jatuh. Cinta uang telah membuat pekerjaan penginjilan menjadi celaan orang, lebih daripada penyebab yang lain. Jutaan dolar lewat di tangan Moody, tetapi uang itu mengalir terus; uang itu tidak menempel di jari-jarinya.

Ia Sangat Bersemangat Menyelamatkan Orang Yang Terhilang

Moody sangat giat bagi Allah. Ia bukan sekedar “bekerja”, ia juga selalu menarik orang-orang untuk bekerja. Sesudah ia sendiri diselamatkan, ia bertekad tidak akan pernah membiarkan satu haripun berlalu tanpa menceritakan tentang Kristus kepada sekurang-kurangnya satu orang.

Ia Diperlengkapi Kuasa Dari Tempat Tinggi

Roh Kudus turun memenuhi jiwanya dengan sukacita sedemikian rupa sehingga ia harus meminta Allah menahan tangan-Nya, kalau tidak ia akan mati di tempat itu karena terlalu bersukacita.

Dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 1875, D.L Moody and His Work, C.H Fowler menulis, Alkitab tersusun dari banyak riwayat hidup; dan orang-orang melihat nilai iman dan kebenaran dengan melihat orang percaya dan taat. Pengalaman yang menyakitkan itu melemahkan; tetapi ketika seseorang berhasil melalui pengalaman banyak semacam itu, dengan mempelajari kisah hidupnya, kita menemukan suatu rahasia dari kuasa yang luar biasa. D.L Moody salah seorang diantaranya. Mempelajari kisah hidup dia bersama Allah dan pekerjaannya akan menolong kita dan dunia untuk percaya kepada sang Penebus dan kuasa supernatural kasih karunia yang menyelamatkan itu.

Tulisan diatas saya sadur dari buku “Secret Power – Menemukan Kuasa Rahasia Roh Kudus” oleh D.L Moody. Diedit oleh Gene Fedele

Posting Komentar untuk "Cerita Inspiratif Kristen Singkat - 7 Rahasia Pelayanan D. L. Moody"