Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

53 Ayat Alkitab Tentang Kesabaran

 

53 ayat alkitab tentang kesabaran

Kehidupan Kristen adalah kehidupan yang indah, namun di dalamnya di warnai dengan ragam rasa. Pahit dan manis, hitam dan putih dan ragam rasa lainnya. Di dalam itu semua kita tidak dibiarkan kebingungan tetapi kita diarahkan oleh Allah.

Yang mana Ia telah menunjukkan kepada kita akan sifat-sifatNya yang mulia dan luhur, sifat itu tidak hanya ia miliki atau Ia sembunyikan dari umatNya tetapi sifat itu Ia singkapkan kepada umatNya di dalam firmanNya.

Ia mengijinkan umatNya untuk mengetahui akan sifat-sifatNya, nah salah satu sifat Allah adalah Sabar. Sepanjang ayat-ayat yang akan saudara-saudari baca di bawah ini terdapat banyak sekali tokoh-tokoh alkitab yang menggambarkan akan kesabaran Allah terhadap umatNya.

Diceritakan bagaimana Ia sabar terhadap umat-umatNya yang selalu menentangNya dan memberontakNya terhadapNya. Jika Allah telah membuka diriNya agar kita mengetahui akan salah satu sifatNya maka sifat yang sama pula seharusnya lahir dan tumbuh dalam kehidupan keseharian kita.

Kita perlu belajar untuk bertumbuh dalam sifat ini, memang mudah untuk diucapkan tetapi tidaklah mudah untuk dilakukan. Kita perlu untuk terus belajar dan secara proaktif menyerahkan diri dipimpin oleh Roh. Roh Kuduslah yang akan menolong kita untuk menumbuhkan akan sifat ini dalam kehidupan kita.

Nah di bawah ini saya memasukkan kutipan-kutipan yang berhubungan dengan “Panjang Sabar dan Sabar” menjadi satu ya teman-teman. Kiranya ayat-ayat ini menolong teman-teman sebagai pekerja Allah untuk terus bertumbuh dalam sifat ini.

Kejadian 29:20 (TB)

Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.

Keluaran 34:6 (TB) 

Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, 

Bilangan 14:18 (TB) 

TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. 

Nehemia 9:30 (TB)

Namun bertahun-tahun lamanya Engkau melanjutkan sabar-Mu terhadap mereka. Dengan Roh-Mu Engkau memperingatkan mereka, yakni dengan perantaraan para nabi-Mu, tetapi mereka tidak menghiraukannya, sehingga Engkau menyerahkan mereka ke tangan bangsa-bangsa segala negeri.

Nehemia 9:17 (TB) 

Mereka menolak untuk patuh dan tidak mengingat perbuatan-perbuatan yang ajaib yang telah Kaubuat di antara mereka. Mereka bersitegang leher malah berkeras kepala untuk kembali ke perbudakan di Mesir. Tetapi Engkaulah Allah yang sudi mengampuni, yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Engkau tidak meninggalkan mereka.

Ayub 6:11 (TB) 

Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar?

Ayub 21:3 (TB) 

Bersabarlah dengan aku, aku akan berbicara; sehabis bicaraku bolehlah kamu mengejek.

Ayub 36:2 (TB) 

Bersabarlah sebentar, aku akan mengajar engkau, karena masih ada yang hendak kukatakan demi Allah.

Mazmur 86:15 (TB) 

Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia.

Mazmur 103:8 (TB) 

TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia

Mazmur 145:8 (TB) 

TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

Amsal 14:17 (TB) 

Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, bersabar.

Amsal 14:29 (TB) 

Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.

Amsal 15:18 (TB) 

Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan.

Amsal 16:32 (TB) 

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Amsal 19:11 (TB) 

Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

Amsal 25:15 (TB)  

Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.

Pengkhotbah 7:8 (TB) 

Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati.

Pengkhotbah 10:4 (TB) 

Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar.

Yeremia 15:15 (TB)

Engkau mengetahuinya; ya TUHAN, ingatlah aku dan perhatikanlah aku, lakukanlah pembalasan untukku terhadap orang-orang yang mengejar aku. Janganlah membiarkan aku diambil, karena panjang sabar-Mu, ketahuilah bagaimana aku menanggung celaan oleh karena Engkau!

Yoel 2:13 (TB)

Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya. 

Yunus 4:2 (TB)

Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. 

Nahum 1:3 (TB) 

TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.

Matius 17:17 (TB) 

Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!"

Matius 18:26 (TB) 

Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan. 

Matius 18:29-30 (TB) 

Maka sujudlah kawannya itu dan memohon kepadanya: Sabarlah dahulu, hutangku itu akan kulunaskan. Tetapi ia menolak dan menyerahkan kawannya itu ke dalam penjara sampai dilunaskannya hutangnya.

Kisah Para Rasul 13:18 (TB)

Empat puluh tahun lamanya Ia sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun. 

Roma 2:4 (TB) 

Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

Roma 3:25 (TB) 

Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

Roma 9:22 (TB) 

Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan.

Roma 12:12 (TB) 

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

1 Korintus 4:12 (TB) 

kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar;

1 Korintus 13:4 (TB) 

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

1 Korintus 13:7 (TB) 

Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

2 Korintus 1:6 (TB) 

Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.

2 Korintus 6:4 (TB) 

Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,

2 Korintus 6:6 (TB) 

Dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik;

2 Korintus 11:1 (TB) 

Alangkah baiknya, jika kamu sabar terhadap kebodohanku yang kecil itu. Memang kamu sabar terhadap aku!

2 Korintus 11:4 (TB) 

Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

2 Korintus 11:19 (TB) 

Sebab kamu suka sabar terhadap orang bodoh, karena kamu begitu bijaksana:

2 Korintus 12:12 (TB) 

Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.

Efesus 4:2 (TB) 

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. 

Kolose 1:11 (TB) 

Dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar.

Kolose 3:12 (TB) 

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Kolose 3:13 (TB) 

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

1 Tesalonika 5:14 (TB) 

Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

1 Timotius 1:16 (TB) 

Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.

Yakobus 5:10 (TB) 

Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.

Ibrani 6:12 (TB) 

Agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

2 Timotius 4:2 (TB) 

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Mazmur 37:7-9 (TB) 

Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya. Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan. Sebab orang-orang yang berbuat jahat akan dilenyapkan, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN akan mewarisi negeri.

1 Petrus 2:20 (FAYH) 

Apabila Saudara dipukuli karena berbuat salah, tentu saja Saudara tidak mendapat pujian atas kesabaran Saudara. Tetapi, apabila Saudara menderita dan sabar menanggung pukulan karena berbuat benar, Saudara menyukakan hati Allah.

Wahyu 1:9 (FAYH) 

Yang menulis surat ini kepada Saudara ialah saya, Yohanes, seorang saudara seiman yang bersama-sama dengan Saudara menderita demi Tuhan kita. Saya juga beroleh kesabaran yang dikaruniakan oleh Yesus, dan kita akan sama-sama memiliki Kerajaan-Nya! Saya berada dalam pengasingan di Pulau Patmos, karena mengabarkan Firman Allah dan karena menceritakan apa yang saya ketahui tentang Yesus Kristus
.

Kesimpulan

Kesabaran Kristen berbeda dengan kesabaran dalam pandangan atau konsep orang-orang dunia pada umumnya. Jika kesabaran dunia diartikan sebagai tahan terhadap cobaan, tidak lekas marah, tidak tergesa-gesa dan sebagainya yang mana lebih menekankan kepada aspek atau kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri, namun hal ini berdeda dengan pandangan Kristen. Kesabaran Kristen adalah kesabaran yang dikaruniakan oleh Allah.

Yang mana tidak menekankan pada aspek kemampuan seseorang untuk mengendalikan diri, namun kesabaran Kristen adalah kesabaran yang terjadi atas diberdayakannya Roh Kudus di dalam diri seseorang.

John Huss dibakar di tiang tetapi tidak gelisah, Policarpus dilempar ke kendang singat tetapi ia tidak gelisah, Yesus Kristus sang Mesias di gantung di kayu salib tetapi ia tidak dikalahkan oleh situasi yang mengelilinginya. Inilah kesabaran Kristen, kesabaran yang melampaui akan apapun karena dikaruniakan oleh Allah dan mengetahui akan apa yang akan diperoleh kelak.


Posting Komentar untuk "53 Ayat Alkitab Tentang Kesabaran"