Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi

8 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi tentu menjadi idaman para lulusan SMA/SMK yang baru ingin mencari tempat kuliah. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan orang-orang kuliah adalah untuk meningkatkan jenjang karir dan mendapatkan gaji yang tinggi sesuai minat di bidang mereka.

Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan untuk kuliah tentu tidak bisa sembarangan. Ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan baik dari segi minat, passion, nilai akademis, hasil test, budget, hingga prospek jurusan tersebut di masa depan.

Karena ada beberapa jurusan yang faktanya di lapangan ternyata susah mencari kerja dan alhasil menciptakan banyak pengangguran baru. Tentu jurusan yang kurang memiliki prospek dan susah masuk dunia kerja sebaiknya Anda pertimbangkan lagi. Jangan hanya karena senang dengan jurusan tersebut, maka langsung memilihnya.

Namun, jika memang sudah mantap karena tujuan kuliah memang untuk mencari ilmu dan relasi, maka tentu tidak masalah memilih jurusan yang kurang banyak orang cari di dunia kerja sekalipun. Bagi Anda yang rencananya ingin segera melanjutkan kerja setelah kuliah, maka pertimbangkan jurusan yang akan menjadi pilihan.

Daftar Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan kuliah dengan prospek bagus di masa depan menjadi yang paling banyak orang cari. Khususnya bagi mereka pelajar yang masih bingung ingin mengambil jurusan apa ke depannya nanti. Berikut ini beberapa daftar jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan bisa jadi pertimbangan:

Teknik

Jurusan teknik termasuk yang berprospek dan memiliki peluang kerja yang menantang. Banyak yang ingin masuk ke jurusan ini karena gajinya yang tinggi. Contohnya jurusan Teknik Perminyakan saja untuk fresh graduate minimal bisa mendapatkan hingga 7 juta rupiah.

Apalagi jika mampu bertahan di karir tersebut dan meniti karir di jenjang yang lebih tinggi. Penghasilan untuk jurusan ini bahkan bisa mencapai 150 juta. Tak hanya Teknik Perminyakan, jurusan teknik lainnya juga tak kalah menggiurkan seperti IT, Pertambangan, Industri, dan lain sebagainya. Waoo keren kan!

Bisnis/Keuangan/Ekonomi

Jurusan bisnis, ekonomi, dan keuangan termasuk yang paling banyak orang minati dan hampir sebagian kampus ternama memiliki jurusan ini. Anda juga bisa mendaftar bidang ini karena prospeknya cukup bagus di dunia kerja. Banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan bidang keahlian ini.

Untuk lulusan jurusan akuntansi sendiri bisa bekerja sebagai akuntan, auditor, analis keuangan, dan lain sebagainya. Gaji yang didapatkan bisa mencapai hingga 5 – 7 juta rupiah setiap bulannya. Tentu nominal ini cukup tinggi untuk ukuran lulusan baru.

Matematika/Statistika

Jurusan ini juga termasuk banyak dibutuhkan di dunia kerja. Bagi Anda yang suka dengan mata pelajaran ini dan cukup cermat dalam melihat angka, maka sangat cocok untuk dipilih. Untuk lulusan fresh graduate jurusan ini bisa mendapatkan gaji lebih dari 3 juta tergantung UMR daerah masing-masing.

Jika terus konsisten dengan bidangnya, maka bisa menjadi seorang aktuaris dengan prospek gaji hingga mencapai 150 juta.

Hukum

Jurusan hukum bisa bekerja sebagai pengacara, hakim, jaksa, staff di pengadilan, dan lain sebagainya. Selain di pengadilan, bisa juga bekerja di firma hukum atau law firm. Untuk gajinya sendiri bisa mencapai 5 – 10 juta rupiah per bulan tergantung dari besar kecilnya firma tempat bekerja.

Ilmu Komputer

Perkembangan teknologi semakin canggih dan hampir semua pekerjaan sudah menggunakan komputer kecuali beberapa bidang tertentu. Sehingga ahli IT termasuk yang paling banyak perusahaan butuhkan baik untuk bekerja sebagai pembuat website, developer, ahli jaringan, servis hardware, dan lain sebagainya.

Gaji untuk lulusan komputer pun cukup beragam tergantung dari profesi dan perusahaan tempat bekerja. Gajinya bisa mencapai 3 – 6 juta per bulan.

Kesehatan

Lulusan di bidang kesehatan terus dibutuhkan baik perawat, laborat, dokter, bidan, dan tenaga medis lainnya. Gaji untuk fresh graduate jurusan ini cukup beragam dan bisa meningkat seiring dengan pengalaman kerja dan ilmu yang dimiliki. Apalagi jika sudah menjadi spesialis dan memiliki jam terbang.

Bahasa

Jurusan bahasa juga patut Anda pertimbangkan khususnya bagi Anda yang menyukai dunia linguistik. Lulusan untuk jurusan ini memiliki prospek gaji yang tinggi apalagi jika bisa menjadi penulis best seller, penerjemah, guide, hingga content writer. Bahkan bisa bekerja secara freelance dari mana saja.

Arsitek dan Teknik Sipil

Dunia desain interior kini semakin banyak peminatnya, sehingga lulusan untuk jurusan arsitek akan memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan. Bahkan jika memang desainnya bagus, mereka bisa memiliki nilai tawar yang tinggi. Apalagi jika memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dengan portofolio berbagai proyek yang pernah mereka kerjakan sebelumnya.

Berbagai jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi di atas memang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Anda bisa memilih jurusan sesuai minat bidang tertentu dan budget yang ada.  

Selamat Mencoba...

 


Posting Komentar untuk "8 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi"