Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Jurusan di Universitas Terbuka?

 

Apa Saja Jurusan di Universitas Terbuka?

Apa Saja Jurusan di Universitas Terbuka?

Kesempatan kuliah kini semakin terbuka lebar bagi yang sibuk berwirausaha maupun bekerja sebagai karyawan. Universitas Terbuka atau UT adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah karena terkendala biaya dan waktu. Apa saja jurusan di Universitas Terbuka yang bisa mahasiswa ambil?

Keunggulan Universitas Terbuka

Mungkin banyak yang memandang sebelah mata universitas ini. Namun, tokoh publik seperti Ani Yudhoyono pun pernah kuliah di UT. Selain itu, universitas ini juga sudah terakreditasi dan memiliki jaringan hingga ke berbagai negara di dunia.

Tak heran saat acara wisuda banyak mahasiswa yang ternyata datang dari luar negeri karena selama ini bersekolah secara online atau daring di UT. Meskipun kegiatan belajar mengajar banyak secara daring, namun universitas ini juga membuka kesempatan bagi yang ingin tatap muka.

Sistem Universitas Terbuka sangat mendukung bagi yang memiliki kesibukan baik karena bekerja maupun berwirausaha. Mereka bisa mengikuti kegiatan belajar atau inisiasi sesuai jadwal di waktu luang mereka. Komunitas alumni pun tersebar luas di berbagai daerah.

Jurusan di UT

Anda masih bisa memilih jurusan di Universitas Terbuka sesuai dengan minatnya. Berikut ini beberapa jurusan yang ada dan bisa calon mahasiswa pilih untuk melanjutkan pendidikan, di antaranya:

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Sesuai namanya, fakultas ini merupakan fakultas di UT yang menyediakan layanan pendidikan bagi mahasiswa yang sudah bekerja sebagai guru atau dengan kata lain in-service training. Pendidikan dan penyelenggaraannya dengan SBJJ (Sistem Belajar Jarak Jauh).

Jurusan yang tersedia pun beragam mulai dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, Ekonomi, hingga Pancasila dan Kewarganegaraan. Sementara itu, untuk jurusan umumnya adalah PGSD dan PGPAUD.

2. Fakultas Ekonomi (Fekon)

Tujuan utama dari Fakultas Ekonomi adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan ahli di bidang ekonomi atau pengambilan keputusan manajerial. Pertimbangan yang diambil dalam keputusan berdasarkan fungsional pemasaran, operasi, keuangan, SDM, dan lainnya.

Jurusan ini terdiri dari Ekonomi Pembangunan, Pariwisata, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi Keuangan Publik. Anda bisa memilih sesuai minat dan tentu akan lebih baik jika linier dengan bidang pekerjaan yang calon mahasiswa tekuni.

3. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)

Di Universitas Terbuka juga terdapat Fakultas Sains dan Teknologi dan sudah ada sejak UT berdiri pada tahun 1984. Fakultas ini dulunya bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-UT).

Selain menawarkan jurusan Statistika dan Matematika, kini sesuai perkembangannya jurusan yang tersedia semakin beragam. Mulai dari Biologi, Agribisnis, PWKL (Perencanaan Wilayah dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan), hingga Ilmu dan Teknologi Pangan.

4. Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP)

Salah satu tekad Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) di Universitas Terbuka adalah menjadi fakultas unggulan dam bidang tersebut khususnya dalam penyelenggaraan PTJJ. Pengertian PTJJ sendiri merupakan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.

Jurusan yang termasuk dalam fakultas ini terdiri dari Administrasi Bisnis, Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Perpustakaan, Ilmu kOmunikasi, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan, dan Sosiologi.

5. Program Pascasarjana (PPs)

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke strata lebih tinggi juga terbuka lebar di Universitas Terbuka. Adanya rogram ini merupakan perwujudan realisasi dari misi UT untuk menyediakan pendidikan tinggi pada jenjang S2 bagi warga negara Indonesia.

Program Magister di Universitas Terbuka memang baru mulai ditawarkan pada tahun 2004. Program yang tersedia terdiri dari Ilmu Administrasi, Manajemen, Ilmu Kelautan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Dasar.

Untuk setiap program juga terdiri dari peminatan berbeda-beda dan mahasiswa bisa memilih untuk sistem belajar secara online maupun offline. Untuk Program Magister Manajemen sendiri terdiri dari peminatan Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Pendidikan.

6. Program Sertifikat

Universitas Terbuka juga menawarkan program sertifikat di beberapa fakultas. Program yang tersedia seperti MOOCS (Massive Open Online Courses), ILP (Indonesian Language Program), PPB (Program Pendidikan Berkelanjutan), Program Pelatihan Pembelajaran, dan PMKM (Program Mata Kuliah Mandiri).

Mengapa Harus UT?

Mungkin banyak yang masih ragu untuk mendaftar di Universitas Terbuka karena khawatir ijazahnya tidak terpakai. Padahal ijazah yang mahasiswa dapatkan dari UT pun sudah resmi dan Anda bisa mendapatkan title sesuai jurusan yang diambil.

Selain itu, biaya yang harus Anda keluarkan untuk kuliah di UT juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan universitas lainnya. Jika ingin meningkatkan nilai agar IPK-nya tinggi, bisa dengan cara rajin mengumpulkan tugas dan mengikuti ujian online atau SUO.

Dari berbagai jurusan di Universitas Terbuka di atas, Anda bisa memilih sesuai minat dan bidang kesukaan. Jika sudah berkarir dan ingin mendapatkan jenjang karir yang lebih baik lagi, tentu sangat disarankan untuk memilih jurusan yang linier.

Selamat Mencoba Guys…

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Saja Jurusan di Universitas Terbuka?"