Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulisan Artikel Ilmiah

 

Penulisan Artikel Ilmiah

Memahami Berbagai Pertanyaan Tentang Artikel Yang Umum Ditanyakan

Artikel terdiri dari berbagai jenis, mulai dari berita, kesehatan, ilmiah, ilmu pengetahuan, hiburan, dan lain sebagainya. Membaca artikel menjadi salah satu kegiatan yang sering orang-orang lakukan untuk mengisi waktu luang mereka. Saat membaca, seringkali muncul berbagai pertanyaan tentang artikel.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel jenis ini merupakan jenis tulisan yang berisi berbagai macam ide, gagasan, tulisan, dan hasil pemikiran lainnya berdasarkan penelitian. Dalam penulisannya lebih mengacu pada uji pengamatan, kajian, hipotesis, eksperimen, serta evaluasi yang tersaji secara terstruktur menurut metode ilmiah.

Jurnal atau artikel ini banyak terpakai sebagai materi pelajaran di sekolah, bahan jurnal penelitian, dan lain sebagainya. Konten artikel seperti ini bisa Anda dapatkan melalui buku jurnal maupun artikel yang tersebar di website sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan.

Saat membuat artikel jenis ini, seringkali banyak pertanyaan yang muncul. Karena bagaimanapun juga artikel ilmiah tidak sama dengan jenis artikel opini mengingat harus berdasarkan fakta dan penelitian. Penulis yang membuat artikel ilmiah harus mampu mempertanggungjawabkan hasil tulisannya.

Daftar Pertanyaan Yang Sering Muncul

Berbagai pertanyaan tentang artikel ilmiah biasanya sering muncul ketika akan membuat artikel ini. Tentu merupakan hal yang wajar karena sebelum membuat artikel, harus ada metode dan prosedur yang Anda ikuti. Pahami terlebih dahulu beberapa pertanyaan yang sering muncul, di antaranya:

Tujuan Penulisan

Dalam pembuatan jurnal atau artikel ilmiah, hal pertama yang biasanya penulis pertanyakan adalah apa tujuan dari penulisan artikel tersebut. Tentu saja tujuan harus dibuat sesuai kaitannya dengan artikel atau topik yang akan Anda tulis sehingga bahasannya linier.

Pada umumnya, tujuan penulisan ilmiah lebih kepada untuk mendapatkan berbagai jawaban atas suatu masalah demi mendapatkan pemecahan atau solusi yang konkrit. Itulah mengapa dalam penulisan ilmiah harus ada bukti dan eksperimen yang nyata untuk menguji permasalahan itu menjadi sebuah teori.

Ciri-Ciri Penulisan Ilmiah

Setiap artikel memiliki ciri-ciri yang berbeda. Artikel yang banyak beredar di internet sebagai konten SEO tentu berbeda dengan artikel ilmiah. Begitupun dengan artikel opini di mana sifatnya lebih subyektif berdasarkan pandangan orang. Tulisan di dalamnya memuat kata-kata dengan jelas tanpa basa-basi.

Selain itu, harus mencantumkan ide atau pendapat sebagai hipotesa awal sebelum eksperimen dilakukan. Setiap pembahasan harus dapat penulis pertanggungjawabkan hasilnya serta didukung dengan fakta yang jelas yang bisa dibuktikan kebenarannya.

Artikel ilmiah juga tidak boleh memihak siapapun atau membanggakan pihak tertentu saja, artinya harus netral dan objektif. Penulisan artikel jenis ini juga harus berdasarkan pemikiran logis dan empiris sehingga bahasa yang biasanya penulis gunakan lebih baik dan sistematis.

Ketentuan Penulisan

Syarat dan ketentuan penulisan artikel ilmiah pada dasarnya tidak jauh beda dengan artikel lainnya yang penting harus komunikatif meskipun bahasanya baku. Gunakan kata yang mudah orang-orang pahami sehingga tidak ada makna ambigu yang membingungkan pembaca.

Selain itu, sesuaikan bahasa pada artikel tersebut dengan jenis artikel yang Anda pilih. Tulisan harus mampu mengemukakan ide dan gagasan dengan jelas agar pembaca dapat memahaminya dengan lebih mudah. Hindari penggunaan kata yang bertele-tele dan sebaiknya to the point.

Tujuannya agar artikel ilmiah yang penulis tulis bisa menyampaikan informasi dengan jelas. Selain itu harus padat dan berdasarkan data yang jelas. Jangan sampai artikel ilmiah yang ditulis tidak bisa Anda pertanggungjawabkan hasilnya karena data dan penelitian yang masih kurang.

Jenis-jenis Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan salah satu jenis dari berbagai macam jenis artikel lainnya. Namun, artikel jenis ini pun masih terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Berikut beberapa di antaranya:

Penelitian, memuat berbagai macam ilmu pengetahuan dan informasi berdasarkan riset dan metode penelitian

Review, berkaitan dengan hasil rangkuman atau kesimpulan dari suatu tulisan dengan pemahaman dan pembahasan yang lebih mendalam agar mudah dipahami publik

Abstrak, merupakan penjelasan hasil penelitian untuk memberikan gambaran kepada pembaca dengan lebih mudah

Cara Penulisan yang Tepat

Cara menulis artikel ilmiah tidak sama dengan artikel jenis lainnya karena formatnya harus sesuai dengan standar umum. Sebelum menulis, pastikan Anda sudah menentukan tema atau judulnya terlebih dahulu seperti tema kesehatan, olahraga, pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika sudah menemukan judul dengan tepat, buatlah kerangka tulisan yang menarik dan cobalah untuk menulis kasar terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Gunakan bahasa yang tepat dan mudah bagi orang awam yang membaca artikel tersebut untuk memahaminya. 

Di bagian akhir, jangan lupa untuk mencantumkan penutup atau rangkuman singkat tentang artikel tersebut. Sehingga pembahasan yang panjang tersebut memiliki hasil yang lebih mudah pembaca pahami dalam bentuk kesimpulan.

Pertanyaan tentang artikel ilmiah tersebut tentu sangat wajar terutama bagi yang ingin menulis artikel jenis ini. Hal yang paling penting dalam membuat artikel ilmiah adalah harus berdasarkan fakta dan bukan opini semata. 

Oke guys selamat mencoba….


Posting Komentar untuk "Penulisan Artikel Ilmiah"