Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akademik

 

pengertian akademik

Pengertian Akademik Dan Perbedaannya Dengan Non Akademik

Bagi pelajar di sekolah, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah pengertian akademik. Pada dasarnya, akademik berkaitan dengan pelajaran di sekolah yang bersifat pengetahuan, ilmiah, teori, dan ilmu yang mendalam. Di sekolah pun biasanya ada istilah prestasi akademik dan non akademik.

Pengertian Akademik

Sebelum memahami lebih lanjut tentang pengertian akademik, kata akademik sendiri berasal dari “akademi”. Di mana akademi merupakan lembaga pendidikan tinggi yang setara dengan institute, universitas, atau sekolah tinggi. Jika akademi mengacu pada kata benda, maka akademis adalah kata sifat.

Kata sifat pada akademik lebih cenderung mengarahkan ke hal-hal yang bersifat ilmiah atau berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan yang berdasarkan dari teori. Di mana teori tersebut telah teruji kebenarannya dan sudah ada penelitian secara objektif sehingga tidak membangun opini tertentu.

Orang yang ahli di bidang akademik sering disebut sebagai insan akademis. Dari penjelasan di atas, maka kesimpulannya bahwa pengertian akademis merupakan kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan yang kebenarannya telah teruji. Maka, baik nilai maupun prestasinya dapat terukur dengan jelas.

Pengertian Prestasi Akademik

Istilah akademik identik dengan prestasi akademik. Di sekolah pasti akan selalu ada anak-anak yang memang lebih unggul dan berprestasi dari segi akademik. Sebaliknya, ada juga murid yang lebih ahli dan terampil di bidang non akademik.

Prestasi akademik merupakan kecakapan, kemampuan, dan hasil usaha yang dari waktu ke waktu semakin bertambah karena proses pembelajaran. Pengetahuan bisa bertambah karena ada proses belajar bukan karena bertumbuh dengan sendirinya.

Tak heran jika orang-orang yang memiliki prestasi akademik di sekolah cenderung lebih rajin belajar, banyak membaca buku, dan fokus mendengarkan pelajaran saat guru mengajar. Selain itu, prestasi akademik juga lebih mudah terukur dari nilai tes, ujian, tugas, dan lainnya yang sudah ada standarnya.

Contoh Prestasi Akademik

Berikut ini beberapa contoh prestasi akademik yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Juara Kelas

Menjadi juara kelas adalah ambisi setiap murid pintar di sekolah. Mereka berusaha belajar dengan giat agar bisa mendapatkan nilai tinggi sehingga bisa juara 1 di kelas dan menjadi murid berprestasi.

Nilai IPK Cum Laude

Bagi mahasiswa di perguruan tinggi, bisa lulus dengan nilai IPK cum laude adalah prestasi tersendiri. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa di tahap itu karena butuh belajar dan kerja keras.

Menang Olimpiade

Anak-anak yang berprestasi di bidang akademik akan menjadi pilihan sekolah untuk mewakili di ajang perlombaan seperti olimpiade sains dan matematika.

Pengertian Prestasi Non Akademik

Non akademik berkebalikan dengan akademik. Hal-hal yang berkaitan dengan non akademik tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan yang sifatnya ilmiah. Kemampuan ini di luar dari teori dan pelajaran ilmiah di sekolah.

Tidak seperti akademik yang dapat terukur dengan jelas berdasarkan nilai tertentu, kecakapan non akademis tidak bisa hanya mendapat penilaian dari benar atau salah. Karena kemampuan non akademik memiliki karakter tersendiri yang penilaiannya bersifat subjeknya.

Prestasi non akademik berkaitan dengan kacakapan seperti komunikasi, kinetik, bakat menyanyi, leadership, dan lainnya. Contohnya seperti pembicara internet marketing, pemimpin organisasi, hafal banyak hadits, juara 1 bulutangkis, juara menyanyi, jago menari, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Akademik dan Non Akademik

Tidak sulit untuk membedakan antara akademik dan non akademik. Karena pada intinya prestasi akademik lebih bisa terukur secara objektif sedangkan non akademik sifatnya subjektif. Akademik berkaitan dengan akademi atau peraturan perguruan tinggi.

Sehingga prestasi akademik yang dicapai oleh siswa adalah hasil yang telah dilalui lewat kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku di sekolah. Prestasi di bidang ini biasanya bisa terukur dengan skor dan jawaban benar atau salah karena kebenarannya sudah teruji.

Sedangkan untuk non akademik sendiri lebih berkaitan dengan hal-hal di luar proses belajar di kelas. Mereka cenderung memiliki bakat alamiah yang terus berkembang melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti paduan suara, komunitas, persatuan sepakbola, organisasi, dan lain sebagainya.

Mana yang Lebih Penting Antara Akademik dan Non Akademik?

Sebenarnya antara non akademik dan akademik sama-sama penting dan jangan sampai orang tua men-judge dan menuntut anaknya sendiri. Karena setiap anak memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga tidak bisa dipaksakan.

Ada anak yang berprestasi di bidang akademik, namun keterampilan di bidang non akademik seperti menyanyi, olahraga, menari, atau menggambar masih kurang. Sebaliknya, ada anak yang jago di bidang non akademik namun ketika pelajaran di kelas masih harus belajar lebih keras lagi.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada anak yang jago di semua bidang baik akademik maupun non akademik. Selain didukung dengan kecerdasan yang dimiliki, mereka juga memiliki bakat ilmiah yang bisa diasah agar lebih baik lagi. Kesimpulannya yaitu, memahami pengertian akademik sama pentingnya dengan non akademik.

 Selamat menikmati guys...

       

       


Posting Komentar untuk "Pengertian Akademik"