Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

28 Ayat Alkitab Tentang Penguasaan Diri - Tervaforit

 

28 Ayat Alkitab Tentang Penguasaan Diri - Tervaforit

Salah satu watak yang perlu untuk ditumbuhkan dan dikembangkan oleh seorang Kristen adalah “pengendalian diri atau penguasaan diri”. Watak ini tidak dapat tumbuh dengan sendirinya – kita perlu orang lain untuk membantu, mengasah bahkan mempertajam akan watak ini di dalam kehidupan kita sebagai bentuk pertumbuhan iman dan latihan rohaniah pribadi.

Dengan siapa kita belajar menumbuhkan akan watak ini? Saudara seiman dan komunitas dimana kita ada – saudara seiman dan komunitas dimana kita terbuka untuk saling membangun seorang akan yang lain. Saudara seiman dan komunitas dimana kita berkomitmen untuk bertumbuh bersama kearah Kristus dan serupa dengan watak-watakNya.

Dapatkah kita bertumbuh seorang diri? nothing! Anda dan saya bukanlah superman yang dapat hidup dan kuat seorang diri – kita butuh orang lain, lebih dari itu kehidupan kekristenan adalah kehidupan persekutuan, yang mana di dalamnya masing-masing tubuh Kristus saling memperlengkapi dan menunjang satu dengan yang lainnya.

Keberserahan penuh pada pimpinan Roh Kudus akan menolong dan memampukan kita untuk terus menumbuhkan watak ini. Ketika kita terus belajar untuk menumbuhkan akan watak ini, kita tidak hanya menumbuhkan semangat hidup bagi Yesus tetapi juga deklarasi perang terhadap dosa (Ed Welch di dalam buku Desire God oleh John Piper).

Kiranya ayat-ayat tentang Penguasaan atau Pengendalian diri di bawah ini memberi kita warna baru di dalam waktu-waktu pribadi kita dengan Tuhan dan teman-teman juga bisa mengambil beberapa bagian dan menghafalnya guna memupuk dan menumbuhkan akan watak pengendalian diri yang benar di dalam Kristus. Ayat-ayat dibawah ini saya kutip dari TB, BIMK dan FAYH.

Yakobus 1:19-20

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. (BIMK) Perhatikanlah ini baik-baik, Saudara-saudara yang tercinta! Setiap orang harus cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berbicara dan lambat untuk marah. Orang yang marah tidak dapat melakukan yang baik, yang menyenangkan hati Allah.

Kolose 2:23

Memang kelihatannya hal itu bijaksana, dengan anjurannya supaya orang menyembah malaikat, merendahkan diri dan menyiksa diri; tetapi semuanya itu tidak berguna untuk mengendalikan nafsu manusia. (FAYH) Peraturan semacam itu mungkin kelihatannya baik, karena memerlukan keteguhan, kemauan serta disiplin tubuh, tetapi sama sekali tidak dapat menaklukkan pikiran dan keinginan jahat dalam diri seseorang, melainkan hanya menimbulkan kesombongan.

Amsal 13:3  

Penguasaan diri berarti mampu mengendalikan lidah. Bantahan yang terlalu cepat membawa kepada kehancuran. (TB) Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan.

Galatia 5:23-25

Kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. (BIMK) Mereka rendah hati, dan selalu sanggup menguasai diri. Tidak ada hukum agama yang melarang hal-hal seperti itu. Orang-orang yang sudah menjadi milik Kristus Yesus, orang-orang itu sudah mematikan tabiat manusianya dengan segala nafsu dan keinginannya. Roh Allah sudah memberikan kepada kita hidup yang baru; oleh sebab itu Ia jugalah harus menguasai hidup kita.

Titus 2:11-12

Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini. (BIMK) Sebab Allah sudah menunjukkan rahmat-Nya guna menyelamatkan seluruh umat manusia. Rahmat Allah itu mendidik kita supaya tidak lagi hidup berlawanan dengan kehendak Allah dan tidak menuruti keinginan duniawi. Kita dididik untuk hidup dalam dunia ini dengan tahu menahan diri, tulus dan setia kepada Allah.

Efesus 6:12

Sebab kita berjuang bukannya melawan manusia, melainkan melawan kekuatan segala setan-setan yang menguasai zaman yang jahat ini. Kita melawan kekuatan roh-roh jahat yang menguasai ruang angkasa. (FAYH) Sebab kita tidak berperang melawan manusia, melainkan pribadi-pribadi yang tidak berjasad, penguasa-penguasa dunia yang tidak kelihatan, setan-setan yang berkuasa, dan penghulu-penghulu kegelapan yang memerintah dunia ini; dan melawan roh-roh jahat yang sangat besar jumlahnya.

Ayub 31:1  

"AKU telah berjanji untuk mengekang mataku agar tidak memandang anak gadis dengan penuh hawa nafsu. (BIMK) Dengan sumpah aku telah berjanji gadis muda tak akan kupandang dengan berahi.

Amsal 4:27  

Jauhilah yang jahat, dan hiduplah dengan jujur. Janganlah sekali-kali menyimpang dari jalan yang benar. (TB) Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.

Amsal 29:11

Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya. (FAYH) Orang yang bebal melampiaskan amarahnya; orang bijaksana menahan dan meredakannya. (BIMK) Orang bodoh marah secara terang-terangan, tetapi orang bijaksana bersabar dan menahan kemarahan.

Amsal 25:28  

Orang yang tidak dapat menguasai dirinya seperti kota yang telah runtuh pertahanannya. (FAYH) Orang yang tidak dapat menguasai diri sama tidak berdayanya seperti kota yang sudah roboh tembok-temboknya. (TB) Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Amsal 18:21

Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (FAYH) Orang yang banyak bicara harus menanggung akibatnya. Ada orang yang mati karena salah bicara.

Amsal 16:32

Orang yang lambat marah lebih baik daripada orang yang perkasa; menguasai diri lebih baik daripada menguasai bala tentara. (BIMK) Tidak cepat marah lebih baik daripada mempunyai kuasa; menguasai diri lebih baik daripada menaklukkan kota.

Amsal 12:16  

Kalau orang bodoh tersinggung, saat itu juga ia menyatakan sakit hatinya; tapi orang bijaksana tidak peduli bila dicela. (TB) Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak, yang mengabaikan cemooh.

2 Yohanes 1:8  

Sebab itu, jagalah jangan sampai kalian kehilangan apa yang sudah kami usahakan untuk kalian.  Berusahalah supaya kalian menerima dari Allah upahmu seluruhnya. (BIMK) Sebab itu, jagalah jangan sampai kalian kehilangan apa yang sudah kami usahakan untuk kalian.  Berusahalah supaya kalian menerima dari Allah upahmu seluruhnya.

2 Petrus 1:5-7  

Oleh sebab itu, berusahalah sungguh-sungguh supaya kalian tetap percaya kepada Kristus dan percayamu itu ditunjang oleh hidup yang baik. Di samping hidup yang baik, kalian perlu menjadi orang yang berpengetahuan, dan di samping pengetahuan, kalian harus juga bisa menguasai diri. Dan selain bisa menguasai diri hendaklah kalian juga memupuk diri untuk tabah menghadapi segala sesuatu. Di samping tabah menghadapi segala sesuatu, kalian harus juga hidup menurut kemauan Allah. Dan hidup menurut kemauan Allah harus juga dilengkapi dengan kasih sayang kepada saudara-saudara seiman. Selanjutnya hendaklah kasih sayangmu kepada saudara-saudara seiman ditambah dengan kasih terhadap semua orang. (FAYH) Tetapi segala anugerah ini diperoleh tidak hanya dengan iman semata-mata. Saudara harus juga berusaha hidup baik. Malah itu pun belum cukup; Saudara harus belajar mengenal Allah lebih baik dan mengetahui kehendak-Nya. Selanjutnya, belajarlah mengesampingkan keinginan sendiri, sehingga Saudara akan menjadi sabar dan saleh, serta dengan senang hati membiarkan Allah menentukan jalan-Nya bagi Saudara. Hal ini memungkinkan langkah selanjutnya, yaitu menyukai pergaulan dengan orang lain serta menyenangi mereka, sehingga akhirnya kasih Saudara kepada mereka akan makin mendalam.

1 Korintus 9:27  

Seperti seorang atlet saya menggembleng tubuh saya, melatihnya melakukan hal-hal yang harus dilakukan dan bukan hal-hal yang dikehendakinya. Sebab, kalau tidak, saya takut kalau-kalau setelah mempersiapkan orang-orang lain untuk perlombaan, saya sendiri dinyatakan tidak memenuhi syarat, lalu ditolak. (BIMK) Saya membiarkan badan saya digembleng dengan keras sampai saya dapat menguasainya. Saya berbuat begitu, sebab saya tidak mau sampai terjadi bahwa setelah saya mengajak orang lain turut dalam perlombaan itu, saya sendiri ditolak. (TB) Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

1 Korintus 9:25

Supaya menang dalam pertandingan, kita harus menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menghambat usaha kita. Seorang atlet bersusah payah seperti itu hanya untuk menggondol medali atau piala, sedangkan kita melakukannya untuk mendapat hadiah surgawi yang tidak akan hilang. (BIMK) Setiap orang yang sedang dalam latihan, menahan diri dalam segala hal. Ia melakukan itu karena ia ingin dikalungi dengan karangan bunga kejuaraan, yaitu bunga yang segera akan layu. Tetapi kita ini menahan diri dalam segala hal karena kita ingin dikalungi dengan karangan bunga yang tidak akan layu.

1 Korintus 7:5  

Janganlah menjauhi satu sama lain secara suami istri. Boleh untuk sementara waktu, asal dua-duanya sama-sama sudah setuju. Dengan demikian masing-masing dapat berdoa dengan tidak terganggu. Tetapi kemudian, haruslah kalian kembali saling mendekati secara suami istri. Kalau tidak begitu, nanti kalian bisa menuruti bujukan roh jahat, karena kalian tidak kuat menahan nafsu. (FAYH) Jadi, janganlah menolak untuk saling mengakui hak itu, kecuali kalau suami istri sama-sama setuju bahwa untuk sementara waktu masing-masing tidak akan menuntut haknya, supaya mereka dapat berdoa dengan penuh penyerahan. Setelah itu mereka harus hidup bersama-sama lagi, supaya jangan sampai terkena godaan Iblis karena tidak dapat menguasai diri.

Titus 1:7-9  

Penilik jemaat adalah orang yang mengurus pekerjaan Allah, ia tidak boleh bercela. Ia tidak boleh sombong atau pemarah, atau pemabuk, atau suka berkelahi, atau mata duitan. Ia harus senang menerima orang di rumahnya, suka akan hal-hal yang baik, dapat menahan diri, jujur, suci dan tertib. Ia harus berpegang teguh pada ajaran yang dapat dipercaya, seperti yang sudah diajarkan kepadanya. Dengan demikian ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran yang benar, dan menunjukkan kesalahan orang-orang yang menentangnya. (FAYH) Gembala-gembala jemaat ini haruslah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, sebab mereka adalah pelayan-pelayan Allah. Mereka tidak boleh angkuh atau pemarah, mereka tidak boleh peminum, atau suka berkelahi, atau tamak akan uang. Mereka harus senang menerima tamu dan menyukai segala yang baik. Mereka harus bijaksana, adil, berhati bersih serta dapat menguasai diri. Kepercayaan mereka akan kebenaran yang telah diajarkan kepada mereka harus kuat dan tetap, supaya mereka dapat mengajarkannya kepada orang lain dan dapat pula menunjukkan kekeliruan orang-orang yang menentangnya.

Titus 2:6

Demikian juga anjurkanlah kepada para pemuda supaya berkelakuan baik dan hidup dengan penuh kesungguhan. (TB) Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal.

Posting Komentar untuk "28 Ayat Alkitab Tentang Penguasaan Diri - Tervaforit"