Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 9 Oktober 2022

Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 9 Oktober 2022

Firman Tuhan memberi kita tempat untuk hidup dan bernafas di dalam Kristus – memberi kita ruang untuk melihat siapa dan seperti apa kehidupan kita saat ini. Beberapa bagian ayat alkitab yang akan kita baca hari ini kiranya memberi kita angin sengar bagi jiwa dan sukacita yang melimpah-limpah di dalam Kristus.

Matius 24:3-14

Permulaan Penderitaan

3. Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia? 4. Jawab Yesus  kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 

5. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 6. Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 

7. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. 8. Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

9. Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, 10. dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. 

11. Banyak nabi palsu akan muncul   dan menyesatkan banyak orang.  12. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. 13. Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. 14. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Siksaan Yang Berat Dan Mesias-Mesias Palsu

15.  "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--16. maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 

17. Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, 18. dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.  

19. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 20. Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.  

21. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 22. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan   waktu itu akan dipersingkat. 

23. Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.  24. Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.  

25. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. 26. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 

27. Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.  28. Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun. "

Doa: Ya Allah mampukan kami dengan Roh-Mu agar kami dapat mengasihi Engkau dengan segenap jiwa, pikiran dan tubuh kami serta segala hal yang Engkau anugerahkan bagi kami. Kiranya Roh KudusMu menolong kami agar semakin hari kami semakin jatuh cinta terhadap firmanMu - di dalam FirmanMu kami mengenal akan Engkau, kami bercakap-cakap dengan Engkau dan Engkau menyapa kami. Engkau menyatakan akan maksud-maksud hatiMu dan Engkau mengarahkan akan arah kehidupan kami.

Kiranya belaskasihMu diulurkan kepada kami agar semakin hari hati kami, pikiran kami dan jiwa kami semakin berkobar-kobar, semakin meluap-luap dengan sukacitaMu – kasih kami kepada sesama tidak padam atau menjadi dingin, tapi kasih itu semakin meluap- luap seperti kasihMu kepada kami. Amin

Titus 3:1-15 (Versi - FAYH)

1. PERINGATKANLAH orang-orangmu supaya menaati pemerintah serta pejabat-pejabatnya, dan supaya selalu patuh serta bersedia melakukan setiap pekerjaan yang jujur. 2.Janganlah mereka menceritakan keburukan orang lain atau bertengkar, melainkan hendaklah mereka bersikap lemah lembut dan sopan santun terhadap semua orang.

3. Dahulu kita sendiri berlaku bodoh dan tidak patuh. Kita disesatkan oleh orang lain dan menjadi hamba kesenangan dan keinginan yang jahat. Kehidupan kita dahulu penuh dengan kebencian dan iri hati. Kita membenci orang lain dan mereka membenci kita.

4.Tetapi, ketika kebaikan Allah dan Juruselamat kita dinyatakan, 5. Ia menyelamatkan kita. Bukan karena kita ini cukup baik untuk diselamatkan, melainkan semata-mata karena kemurahan dan pengasihan-Nya. Ia menyelamatkan kita dengan menghapuskan dosa kita. Ia memberikan kepada kita sukacita yang baru dari Roh Kudus yang tinggal di dalam kita,

6. yang dilimpahkan-Nya ke atas kita. Semuanya ini karena apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita,7. sehingga kita dapat dinyatakan baik pada pemandangan Allah, semata-mata karena kebaikan-Nya. Sekarang kita dapat memperoleh hidup kekal yang diberikan-Nya kepada kita dan dengan penuh harap kita menunggu untuk menerimanya.

8. Segala sesuatu yang kukatakan kepadamu ini semuanya benar. Ajarkanlah supaya kebenaran-kebenaran ini dipegang teguh, sehingga orang-orang Kristen akan selalu berusaha berbuat baik; sebab bukan saja hal ini benar, tetapi juga membawa hasil.

9. Janganlah melibatkan diri ke dalam perbantahan mengenai masalah-masalah yang ricuh dan pendapat-pendapat teologia yang menimbulkan pertentangan. Hindarilah perbantahan dan pertengkaran tentang ketaatan kepada hukum-hukum Yahudi, sebab hal semacam itu tidak ada faedahnya dan hanya merugikan.

10. Jika seseorang menyebabkan perpecahan di antara kalian, ia harus diberi peringatan sampai dua kali. Sesudah itu jauhilah dia, 11. karena orang-orang semacam itu benar-benar sesat. Ia berbuat dosa dengan sadar. 12. Aku bermaksud menyuruh Artemas atau Tikhikus berkunjung kepadamu. Segera sesudah salah seorang dari mereka tiba, usahakan menjumpai aku di Nikopolis secepat mungkin, sebab aku akan tinggal di sana selama musim dingin ini.

13. Sedapat-dapatnya tolonglah Zenas, ahli hukum itu, dan Apolos dalam perjalanan mereka. Usahakan supaya kebutuhan mereka terpenuhi, 14. karena orang-orang kita harus belajar menolong semua orang yang membutuhkan pertolongan, sehingga kehidupan mereka akan berbuah. 15. Salam dari tiap orang di sini. Sampaikan salamku kepada semua saudara Kristen di situ. Semoga berkat Allah menyertai kalian semua.

Doa: Ya Allah ampuni kami karena acap kali kami menentang bahkan membangkang terhadap wakil-wakilmu di bumi – kami seperti orang-orang liar, kami tidak senang diatur, kami suka bergunjing – kami kerap kali menjadi hakim dan tim penilai bagi saudara kami – kami lupa bahwa kamipun demikian adanya.

Kami adalah orang-orang yang layak dimurkai, namun di dalam belas kasihMu Engkau membenarkan dan mendamaikan kami dengan diriMu dan orang-orang disekitar kami. Di dalam karya keselamatanMu, Engkau merangkai dengan begitu rupa agar kami tidak ada cela bagi kamu untuk memegahkan diri dan menentangMu – sesungguhnya kami diselamatkan bukan oleh sesuatu yang lain atau kebaikan kami, tetapi semua itu adalah karya dan kemurahan hatiMu semata. AMIN


Posting Komentar untuk "Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 9 Oktober 2022"