Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 10 Oktober 2022

 

Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 10 Oktober 2022

Alkitab adalah buku pengangan utama untuk semua orang yang rindu untuk mengenal dan bertumbuh ke arah Kristus. Tidak peduli anda sudah lima puluh tahun, tujuh puluh tahun mengiring Kristus ataupun anda yang baru seminggu, kita semua harus memiliki semangat yang sama – semangat seorang yang baru mengenal Kristus – anda dan saya harus memiliki semangat seorang pemula di dalam Kristus.

Bacaan hari ini kiranya menolong kita untuk semakin mengenal Dia dan menjadi serupa dengan Dia – dan kiranya juga bacaan hari ini menjadi pedoman dan kekuatan bagi jiwa kita di tengah dunia yang penuh dengan dosa.

Kolose 2:1-23 (FAYH)

1. SAYA ingin Saudara mengetahui betapa saya bergumul dalam doa untuk Saudara sekalian dan untuk jemaat di Laodikia, dan untuk banyak sahabat lain yang belum pernah mengenal saya secara pribadi.

2. Inilah yang telah saya minta kepada Allah untuk Saudara: supaya Saudara diteguhkan dan dijalin bersama oleh tali kasih yang kuat, dan mendapat pengalaman yang indah dalam pengenalan akan Kristus dengan keyakinan serta pengertian yang sungguh. Karena rencana Allah yang dirahasiakan, yang baru sekarang dimaklumkan itu, adalah Kristus sendiri.

3. Di dalam Dia tersimpan segala kebijaksanaan dan pengetahuan yang belum tergali. 4. Ini saya katakan karena takut kalau-kalau Saudara ditipu orang dengan kata-kata manis.

5. Karena, walaupun Saudara jauh di mata, tetapi dekat di hati. Saya senang atas perkembangan rohani Saudara dan atas iman Saudara yang kuat di dalam Kristus. 6. Sebagaimana Saudara percaya bahwa Kristus menyelamatkan Saudara, demikian juga percayakanlah setiap persoalan Saudara sehari-hari kepada-Nya. Hiduplah dalam persekutuan dengan Dia.

7. Hendaklah Saudara berakar di dalam Dia dan memperoleh kekuatan dari Dia. Berusahalah agar terus-menerus tumbuh di dalam Tuhan, dan menjadi kuat serta bersemangat dalam kebenaran yang telah diajarkan kepada Saudara. Semoga hidup Saudara berlimpah-limpah dengan sukacita dan rasa syukur atas segala yang telah dilakukan-Nya.

8. Jangan biarkan orang lain merusak iman dan sukacita Saudara dengan filsafat dan ajaran salah dan dangkal yang berdasarkan pikiran dan gagasan manusia, yang bukan berdasarkan pengajaran Kristus. 9. Karena di dalam Kristus terdapat segala kesempurnaan Allah di dalam tubuh manusia.

10. Jadi, Saudara memiliki segala-galanya apabila Saudara memiliki Kristus. Saudara dipenuhi Allah melalui persatuan dengan Kristus. Dialah Penguasa Tertinggi yang mengatasi segala penguasa lain.

11. Ketika Saudara datang kepada Kristus, Ia membebaskan Saudara dari keinginan-keinginan jahat, bukan oleh khitan badani, melainkan oleh khitan rohani, yaitu baptisan jiwa.

12. Karena dalam baptisan, sifat lama Saudara yang jahat itu mati dan dikubur bersama dengan Dia. Kemudian Saudara bangkit dari kematian ke dalam hidup baru, karena Saudara percaya akan kuasa Firman Allah yang telah membangkitkan Kristus dari antara orang mati.

13. Dahulu Saudara mati dalam dosa, dan keinginan-keinginan jahat masih melekat pada Saudara. Kemudian Saudara dihidupkan kembali dalam Kristus, sebab Allah mengampunkan segala dosa Saudara.

14. Ia mencoret semua bukti pelanggaran Saudara, yaitu daftar perintah-perintah-Nya yang tidak Saudara taati. Ia mengambil daftar dosa itu dan memusnahkannya dengan memakukannya pada salib Kristus.

15. Dengan demikian kuasa Iblis untuk mendakwa Saudara atas dosa telah ditiadakan, dan secara terbuka Allah memperlihatkan kepada seluruh dunia kemenangan Kristus di salib, di mana semua dosa Saudara dihapuskan.

16. Oleh karena itu, jangan hiraukan orang yang mencela Saudara karena apa yang Saudara makan atau minum, atau karena Saudara tidak merayakan hari-hari raya Yahudi, upacara-upacara bulan baru atau hari Sabat.

17. Semua itu bersifat sementara serta akan hapus pada waktu Kristus datang, dan hanyalah merupakan bayangan dari yang sesungguhnya, yaitu Kristus sendiri.

18. Jangan membiarkan diri dinyatakan sesat apabila Saudara menolak untuk menyembah malaikat-malaikat, seperti yang mereka haruskan. Mereka mengaku telah mendapat penglihatan dan mengatakan bahwa Saudara juga harus mendapat penglihatan. Orang-orang yang angkuh ini (sekalipun mereka mengaku rendah hati) pandai sekali mengkhayal.

19. Tetapi mereka tidak dihubungkan dengan Kristus, yaitu Kepala bagi kita yang menjadi tubuh-Nya. Kita disatukan oleh otot-otot-Nya yang kuat dan kita dapat tumbuh, hanya apabila mendapat makanan serta kekuatan dari Allah.

20. Sebenarnya Saudara seolah-olah sudah mati bersama dengan Kristus, dan telah dibebaskan dari paham duniawi yang beranggapan bahwa keselamatan dapat diperoleh dengan berkelakuan baik atau dengan mematuhi berbagai peraturan. Tetapi, mengapa Saudara masih tetap menaatinya, masih terikat oleh peraturan, seperti 21. misalnya tidak boleh memakan, mencicipi ataupun menyentuh makanan tertentu?

22. Peraturan seperti itu hanyalah ajaran manusia, sebab makanan dimaksudkan untuk dimakan dan dihabiskan. 23. Peraturan semacam itu mungkin kelihatannya baik, karena memerlukan keteguhan, kemauan serta disiplin tubuh, tetapi sama sekali tidak dapat menaklukkan pikiran dan keinginan jahat dalam diri seseorang, melainkan hanya menimbulkan kesombongan.

Doa; Ya Allah kami bersyukur untuk hal-hal dahsyat yang sedang dan akan terus Engkau kerjakan dalam di dalam kehidupan kami yang lemah ini – kami menyadari bahwa tanpa-Mu kami tidak bisa melakukan apa-apa, kami akan hidup seturut dengan kedagingan kami yang pada akhirnya akan membinasakan kami.

Kerinduan kami untuk berakar, bertumbuh dan berbuah bagi-Mu adalah produk-Mu sendiri, pekerjaan-Mu sendiri - kami hanya bisa menghidupi hal-hal ini di dalam belas kasih dan anugerah-Mu semata. Kiranya Firman-Mu yang penuh dengan kuasa itu menaklukkan bahkan membenamkan pikiran kami di dalam-MU. Amin

Mazmur 16:1-11 “Bahagia orang saleh

Miktam. Dari Daud.

Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.2. Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" 

3. Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.4. Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku. 

5. Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.6. Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku.  

7. Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. 8. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.  

9. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; 10. sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.  

11. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Doa; Tak berkesudahan kasih setia-MU ya Tuhan selalu baru tiap pagi besar kesetian-Mu, kami memuji akan sifat-sifatMu yang tidak dapat diselami oleh pikiran kami yang terbatas ini. Kami mengakui akan keterbatasan kami di hadapanMu.

Ya Allah jika kerabat kami dan semua orang meninggalkan kami dan apapun yang kami miliki diambil, kiranya Engkaulah yang menjadi bagian warisan kami, warisan kekal kami. Kiranya semakin hari kami semakin puas dengan Engkau, puas dengan harta kami yaitu Engkau Allah yang kudus yang tak sekali-kalipun meninggalkan kami. Amin


Posting Komentar untuk "Bacaan Ayat Alkitab Hari Ini; 10 Oktober 2022"