Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Essay Dan Contohnya

Cara Menulis Essay Dan Contohnya

Bagi Anda yang suka menulis, tentu tidak asing lagi dengan jenis artikel esai. Menulis artikel jenis ini tidak sama dengan artikel lainnya. Oleh karena itu, pahami pengertian dan contoh esai singkat sebagai referensi jika ingin membuat artikel dengan konsep seperti ini.

Apa Itu Essay?

Pengertian essay sendiri berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti artikel, karangan, tulisan, atau semacamnya. Pendapat lain menyebutkan bahwa esai berasal dari bahasa Latin ‘Esai’ yang berarti sastra. Pada dasarnya, esai merupakan karangan yang memiliki tujuan subjektif berdasarkan kemauan penulis secara bebas.

Subjektif artinya memberi pendapat atau mengomentari suatu kejadian yang sudah terjadi. Contohnya Anda membaca berita tentang gempa bumi di suatu wilayah, maka berita tersebut bisa menjadi bahan untuk membuat esai. Dengan kata lain esai adalah opini atas terjadinya suatu hal.

Setiap orang tentu memiliki perspektif dan opini berbeda-beda akan suatu hal. Namun, saat membuat artikel ini sebaiknya jangan hanya menulis pendapat di kepala. Olah kata-kata dalam artikel tersebut agar tersaji dengan baik dan cek fakta atau kebenaran dari kejadian yang Anda baca atau lihat.

Manfaat Essay

Esai dalam bentuk artikel opini sebaiknya ditulis dengan cerdas dan bukan tidak mungkin tulisan tersebut nantinya akan menjadi solusi konkrit terhadap suatu masalah. Berikut ini beberapa manfaat dalam menulis esai, di antaranya:

Membuka ide, gagasan, pengalaman, serta opini kepada pembaca. Mengembangkan ide-ide baru dari sudut pandang sendiri. Menjembatani pendapat satu dengan pendapat lainnya. Bahan pertimbangan dalam mengeluarkan pendapat bagi semua pihak. Menyeimbangkan perbedaan pendapat sehingga tidak timbul konflik karena saling berbenturan. Solusi yang dapat Anda realisasikan sesuai bidangnya. Alat ukur untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis yang Anda miliki

Tips Membuat Esai

Menulis esai harus terstruktur dan tersusun secara sistematis seperti halnya menulis karya ilmiah. Namun, yang menjadi poin utama saat menulis artikel jenis ini adalah kreativitas penulis itu sendiri. Biasanya esai memiliki tiga susunan atau badan esai. Susunan tersebut terdiri dari latar belakang, isi, dan kesimpulan.

Latar belakang berisi awal pembahasan yang melatarbelakangi atau alasan artikel tersebut penulis buat. Bagian isi mengungkapkan fakta atau berita yang penulis baca atau lihat. Kesimpulan merupakan hasil rangkuman dari pembahasan sebelumnya.

Jika memungkinkan, jangan lupa untuk menambahkan solusi atas suatu masalah atau kejadian tersebut pada bagian akhir. Sehingga secara tidak langsung Anda juga memberikan solusi nyata yang bisa diaplikasikan dan tidak hanya sekedar berkomentar.

Langkah-langkah Membuat Esai

Bagi Anda yang ingin menulis esai, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Memilih Tema

Sebaiknya pilih tema dan topik yang kamu pahami atau kuasai karena jika mengambil tema yang buta tentang hal tersebut, akan menjadi boomerang sendiri nantinya. Jika Anda bingung dalam menentukan tema, maka tidak apa-apa untuk menulis judulnya terlebih dahulu.

Karena terkadang judul bisa membantu untuk menentukan tema yang akan penulis angkat dalam artikel esai tersebut.

Mulai Menulis

Jika sudah menentukan tema dan judul, maka mulailah menulis segala ide, gagasan, atau pemikiran. Ungkapkan semua pandangan sebagai pembaca atau orang yang melihat suatu berita dan peristiwa tersebut pada bagian pembahasan. Tetap gunakan bahasa yang mudah pembaca pahami sehingga tidak membingungkan mereka. Hindari kata-kata alay dan berlebihan.

Menganalisa Fakta

Opini yang Anda tulis juga harus berdasarkan fakta atas kejadian atau peristiwa yang temanya akan diangkat. Lakukan Analisa secara subjektif terhadap fakta tersebut, namun jangan menggunakan ujaran kebencian. Sebaiknya gunakan tulisan untuk mengkritik yang sifatnya membangun dan bukan untuk adu domba. 

Menulis dengan Terarah

Tulisan yang panjang tidak selalu mengindikasikan bahwa isinya pasti selalu baik. Karena yang lebih penting dari tulisan panjang adalah tulisannya lebih terarah. Tetap fokus pada masalah yang ada dan jangan keluar dari topik pembahasan.

Jika sudah selesai menulis, jangan lupa untuk membaca dan memeriksanya kembali untuk mengecek apakah ada typo maupun susunan kata yang kurang enak jika pembaca membacanya.

Contoh Esai Singkat

Esai biasanya banyak terpakai untuk kebutuhan mendaftar beasiswa, menulis artikel opini, tugas sekolah dan lainnya. Berikut ini beberapa contoh esai singkat yang bisa menjadi referensi bagi Anda, di antaranya:

Contoh Esai LPDP

LPDP merupakan salah satu program beasiswa yang banyak mahasiswa buru karena membuka kesempatan untuk bisa sekolah secara gratis baik di dalam maupun luar negeri. Tulis kalimat yang bisa meyakinkan pembaca bahwa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk contohnya ada di sini https://syahrulrahman.files.wordpress.com/2015/09/page01.jpg?w=850&h=1200.

Contoh Esai Ilmiah

Esai artikel ilmiah penulis buat berdasarkan fakta atau eksperimen. Berikut ini contohnya https://bocahkampus.com/contoh-essay#ilmiah.

Contoh Esai Bahasa Inggris

Bagi Anda yang ingin membuat artikel esai dalam bahasa Inggris, maka bisa melihat contoh berikut ini sebagai referensi https://tambahpinter.com/essay-bahasa-inggris/.

Contoh esai singkat di atas bisa menjadi referensi atau sumber pandangan khususnya bagi Anda yang ingin menulis jenis artikel ini.

Selamat mencoba guys, eh jangan lupa memperhatikan setiap langkah-langkah yang ada ya…

 

  

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Essay Dan Contohnya"