Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berdoa Orang Kristen Protestan Oleh Charles H. Spurgeon

 

Cara Berdoa Orang Kristen Protestan Oleh Charles H. Spurgeon

Spurgeon mengetahui kekuatan doa dan kebutuhannya akan doa. Ketika ditanya rahasia pelayanan khotbahnya yang berpengaruh, Charles Spurgeon sering menjawab, “Umatku berdoalah untukku.”

15 Tips Kehidupan Doa Yang Mendalam Dan Efektif

Spesifik Dalam Permintaan Anda

Untuk menjadikan doa kita bernilai, harus ada objek tertentu untuk memohon. Saudara-saudaraku, kita sering melantur dalam doa-doa kita setelah ini, itu, dan yang lainnya, dan kita tidak mendapatkan apa-apa karena dalam setiap doa kita tidak benar-benar menginginkan apa pun.

“Jangan hanya memohon kepada Tuhan untuk orang berdosa secara umum, tetapi selalu sebutkan nama beberapa orang secara khusus dan yang anda kenal. Jika Anda seorang guru sekolah minggu, jangan hanya meminta agar kelas Anda diberkati, tetapi berdoalah untuk anak-anak Anda dengan pasti di hadapan Yang Mahatinggi. Dan jika ada belas kasihan dalam rumah tangga Anda yang Anda dambakan, jangan berputar-putar, tetapi jadilah sederhana dan langsung dalam permohonan Anda kepada Tuhan (jangan bertele-tele).

Anda Harus Berdoa Dengan Iman

Ketika saya percaya bahwa doa saya efektif dan benar, doa saya tidak berhasil. Saya bergantung pada iman saya di dalam Dia.

Apakah kamu selalu ingat, kekasihku, ketika datang ke tutup pendamaian, bahwa kamu datang kepada seorang Raja, dan kepada Seseorang yang memberi seperti seorang Raja? Apakah Anda selalu membuka mulut lebar-lebar, dan meminta hal-hal besar dari Raja yang siap memberikannya kepada Anda?

Lawan Gangguan Yang Menjauhkan Anda Dari Doa

Seorang Kristen sejati juga tidak boleh mengendorkan doanya melalui kesulitan mental, maksud saya gangguan yang mengganggu pikiran, dan mencegah konsentrasi pikiran kita. Penyakit seperti itu akan menimpa kita.

Merupakan hal yang luar biasa ketika jiwa dapat mengunci pintu dari gangguan, dan mencegah pengganggu itu; karena pada saat itulah doa dan iman akan melakukan mukjizatnya, dan jiwa kita akan dipenuhi dengan berkat Tuhan.

Fokus Tinggal Di Dalam Kristus Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Buah Dalam Doa

Doa adalah curahan alami jiwa dalam persekutuan dengan Yesus. Sama seperti daun dan buah akan keluar dari cabang pohon anggur tanpa usaha sadar dari bagian cabang, tetapi hanya karena penyatuan hidup dengan batang, demikian juga kuncup doa dan bunga dan buah dari jiwa yang tinggal di dalam Yesus.

Saudara-saudara terkasih, jika kita menutup telinga kita terhadap apa yang dikatakan Yesus kepada kita, kita tidak akan pernah memiliki kekuatan dalam doa, kita juga tidak akan menikmati persekutuan yang intim dengan Dia, Yesus Kristus Juruselamat kita.

Berdoa Sesuai Janji Tuhan

Orang yang berdoa paling baik adalah orang yang paling akrab dengan janji-janji Allah. Lagi pula, doa tidak lain adalah mengambil janji Tuhan dari-Nya dan mengatakan kepadaNya, "Lakukan apa yang telah engkau katakan." Doa adalah janji yang digunakan. Doa yang tidak berdasarkan janji tidak memiliki dasar yang benar.

Jangan Menyerah Dalam Doa—Teruslah Berdoa

Ketika kita tidak bisa berdoa seperti yang kita mau, adalah baik untuk berdoa semampu kita.

Jika saya merasa enggan untuk berdoa, maka inilah saatnya saya perlu berdoa lebih dari sebelumnya.

Jika Anda Kesulitan Memulai Doa, Bacalah Alkitab Terlebih Dahulu Dan Tanggapi Apa Yang Tuhan Katakan

Jika daging dalam kelemahannya menghambat semangat, maka bacalah Alkitab sebelum berdoa, agar jiwa dapat dibangunkan karenanya.

Saudara-saudara terkasih, jika kita menutup telinga kita terhadap apa yang dikatakan Yesus kepada kita, kita tidak akan pernah memiliki kekuatan dalam doa, kita juga tidak akan menikmati persekutuan yang intim dengan Dia.

Tuan Müller yang terhormat, seorang pria yang hidup dekat dengan Tuhan, yang setiap kata-katanya seperti mutiara, berkata tempo hari, Kadang-kadang ketika saya pergi ke keluar untuk berdoa, saya menemukan bahwa saya tidak dapat berdoa seperti yang saya lakukan. Lalu apa yang harus saya lakukan? Mengapa, karena saya tidak dapat berbicara kepada Tuhan, saya memohon kepada Tuhan untuk berbicara kepada saya, dan oleh karena itu saya membuka Kitab Suci dan membaca bagian saya; dan kemudian saya menemukan Tuhan memberi saya materi untuk didoakan.

Secara Teratur Akui Dosa-Dosa Anda

Saya tidak pernah berharap, sampai saya masuk surga, untuk dapat berhenti mengaku dosa setiap hari dan setiap kali saya berdiri di hadapan Allah.

Undangan kepada kita untuk berdoa menyiratkan bahwa ada berkat-berkat yang menunggu kita di tahta pendamaian: marilah kita datang dengan berani ke takhta kasih karunia-Nya.

Jangan Khawatir Tentang Doa Yang Fasih

Seorang ibu dapat menerjemahkan bahasa bayi: dia memahami suara-suara yang tidak dapat dipahami. Demikian pula Bapa kita di surga mengetahui semua tentang omongan bayi kita yang malang, karena doa kita tidak jauh lebih baik.

Doa yang benar diukur dengan berat, dan bukan panjangnya. Satu rintihan di hadapan Tuhan mungkin memiliki lebih banyak kegenapan doa di dalamnya daripada orasi yang bagus dan panjang lebar.

Ketika Kita Tidak Ingin Berdoa, Berdoalah Memohon Bantuan

Tidak berdoa karena Anda merasa tidak layak untuk berdoa adalah seperti mengatakan, ‘Saya tidak akan minum obat karena saya terlalu sakit.’ Berdoa untuk berdoa: berdoalah sendiri, dengan bantuan Roh dan masuklah ke dalam kerangka doa

Berdoalah untuk berdoa—berdoalah sampai Anda dapat berdoa; berdoalah agar dibantu untuk berdoa, dan jangan berhenti berdoa karena kamu tidak bisa berdoa, karena pada saat kamu berpikir kamu tidak bisa berdoa, kamu paling banyak berdoa; dan kadang-kadang ketika Anda tidak memiliki penghiburan dalam permohonan Anda, saat itulah hati Anda yang hancur dan putus asa benar-benar bergulat dan benar-benar menang dengan Yang Mahatinggi.

Berdoalah Dengan Rendah Hati

Saya telah mendengar doa-doa yang bagi saya tampak seperti mendikte kepada Tuhan, daripada permohonan yang rendah hati dan hormat yang harus disampaikan oleh ciptaan kepada Sang Pencipta, atau oleh anak-anak Allah kepada Bapa mereka yang pengasih di surga. Kita harus datang dengan berani ke takhta kasih karunia, namun selalu dengan ketundukan dalam hati kita…

Dedikasikan Diri Anda Untuk Berdoa, Untuk Kehidupan Rohani Yang Lebih Dalam Dan Pelayanan Yang Lebih Berguna

Cara terbaik yang melaluinya seorang nabi dan guru serta pelajar dapat mengetahui kebenaran yang tersimpan, kebenaran Allah yang lebih tinggi dan lebih misterius, adalah dengan menantikan Allah dalam doa.

Orang suci mungkin berharap untuk menemukan pengalaman yang lebih dalam dan mengetahui lebih banyak tentang kehidupan spiritual yang lebih tinggi, dengan banyak berdoa.

Berdoa Tanpa Henti

Jika saya harus berdoa tanpa henti, maka setiap detik harus cocok untuk berdoa, dan tidak ada satu momen yang tidak suci dalam satu jam, atau satu jam yang tidak dapat diterima dalam sehari, atau satu hari yang tidak suci dalam setahun.

Seperti kita bernafas tanpa henti, demikian pula kita harus berdoa tanpa henti. Ketika doa adalah tindakan mekanis, dan tidak ada jiwa di dalamnya, itu adalah perbudakan dan kelelahan; tetapi ketika itu benar-benar doa yang hidup, dan ketika orang itu berdoa karena dia adalah seorang Kristen dan tidak dapat menahan diri untuk berdoa, ketika dia berdoa di sepanjang jalan, berdoa dalam bisnisnya, berdoa di dalam rumah, berdoa di lapangan, ketika seluruh jiwanya penuh dengan doa, maka dia telah memilikinya.

Berdoalah Yang Besar

Kebutuhan kita besar, biarlah permintaan kita besar, dan persediaannya juga besar. Jangan berpikir bahwa Tuhan akan marah kepadamu karena meminta terlalu banyak darinya, dan jangan membayangkan bahwa kamu akan menghinanya dengan meminta hal-hal kecil kepadanya.

Jika Anda adalah orang yang percaya kepada Yesus, Allah adalah Bapa Anda, jadi bicaralah kepadanya seperti yang Anda lakukan kepada ayah duniawi Anda, miliki keyakinan yang jauh lebih besar untuk datang kepadanya.

Tumbuhkan Hati Yang Bersyukur

Anda akan mendapatkan jawaban doa Anda ketika Anda melipatgandakan ucapan syukur Anda dalam semua doa dan permohonan Anda: yakinlah akan hal itu. Jangan menunjukkan doa yang tidak rela dan resmi, saudara-saudaraku; tapi ambil buku nyanyian pujian dan nyanyikan. Sementara Anda memuji Tuhan atas apa yang Anda miliki, Anda akan menemukan hati Anda yang berbatu mulai larut dan mengalir di sungai-Nya.

Manakah dari tips ini yang paling menantang Anda? Mana yang bisa Anda terapkan saat ini? Semoga Roh Tuhan membimbing kita ke dalam doa yang lebih dalam dan lebih efektif. 

Disadur dari https://www.kevinhalloran.net/spurgeons-15-tips-for-a-deep-and-effective-prayer-life/

Posting Komentar untuk "Cara Berdoa Orang Kristen Protestan Oleh Charles H. Spurgeon"